Tenang, Ini Solusi Bayar Tol Teknologi MLFF Jika Saldo Habis dan Koneksi Internet Jelek

- 19 November 2022, 12:37 WIB
Ilustrasi - Uji coba gardu tol khusus pengguna aplikasi sistem transaksi single lane free flow bernama FLO di Gerbang Tol Cengkareng, Jakarta.
Ilustrasi - Uji coba gardu tol khusus pengguna aplikasi sistem transaksi single lane free flow bernama FLO di Gerbang Tol Cengkareng, Jakarta. /Dokumentasi Jasa Marga/ANTARA/ANTARA

PRFMNEWS – Akhir tahun 2022, Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan menerapkan layanan bayar tol tanpa berhenti dan tanpa tap kartu e-toll di gardu Gerbang Tol (GT) berbasis teknologi Multi Lane Free Flow (MLFF) secara bertahap.

Cara bayar tarif tol tanpa berhenti di GT berbasis teknologi MLFF ini merupakan inovasi dari BPJT yang diterapkan dengan dukungan Aplikasi Cantas yang bisa di-download pengendara di handphone (HP) masing-masing.

Tentu, syarat utama menggunakan layanan bayar tarif tol non tunai dan nirsentuh pakai Aplikasi Cantas dengan teknologi MLFF ini adalah saldo di aplikasi yang mencukupi dan koneksi internet yang bagus di lokasi GT.

Baca Juga: MLFF Permudah Bayar Tol Tanpa Berhenti di GT, Haruskah Memperlambat Kendaraan ?

Lantas, bagaimana solusinya jika pengendara tidak memiliki cukup saldo atau habis ketika keluar di gerbang tol maupun terkendala jaringan internet sedang jelek?

Sekretaris BPJT Triono Junoasmono menuturkan, pengendara tidak perlu panik ketika mengalami sejumlah kendala ketika akan keluar jalan tol akibat saldo di Aplikasi Cantas tidak mencukupi ditambah jaringan internet yang buruk.

Triono mengatakan, pada periode awal penerapan sistem pembayaran tarif tol menggunakan teknologi MLFF ini, pihaknya akan menghadirkan sejumlah booth khusus bagi pengendara yang menemui kendala tersebut atau masih kebingungan terkait mekanisme pembayarannya. 

Baca Juga: Tekan Kemacetan dengan MLFF, Tahun 2022 Gerbang Tol di Indonesia Berencana Dihilangkan

Bahkan ia menyatakan pihaknya akan bekerja sama dengan sejumlah minimarket untuk memudahkan pengendara membayar tarif tol akibat tidak cukup saldo di Aplikasi Cantas saat melewati GT.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x