Ungkap 6 Hal Penting Terkait Isu Myanmar di KTT ASEAN ke-41, Presiden Jokowi: Indonesia Sangat Kecewa

- 12 November 2022, 06:20 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan beberapa hal penting terkait isu Myanmar yang dapat dijadikan elemen keputusan pada KTT ASEAN Kamboja kali ini.
Presiden Joko Widodo menyampaikan beberapa hal penting terkait isu Myanmar yang dapat dijadikan elemen keputusan pada KTT ASEAN Kamboja kali ini. /Laily Rachev Biro Setpres RI/

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan enam hal penting terkait isu Myanmar yang dapat dijadikan elemen keputusan pada KTT ASEAN ke-41 di Kamboja, Jumat 11 November 2022.

Selain mengutarakan enam poin penting, Presiden Jokowi juga menegaskan sikap Indonesia atas isu yang sedang dihadapi Myanmar.

Presiden Jokowi menyampaikan enam usulan penting terkait isu Myanmar saat berbicara pada sesi retreat KTT ASEAN ke-41 yang secara khusus membahas implementasi 5-point consensus (5PC) yang berlangsung di Hotel Sokha, Phnom Penh.

Baca Juga: Korban Penusukan di Bandung Merupakan Mahasiswa Unpad

Usulan pertama, Jokowi ingin penerapan 5PC tetap menjadi acuan utama bagi ASEAN dalam membantu Myanmar keluar dari krisis politiknya.

kedua, Jokowi mempertegas seruan penghentian kekerasan agar segera tercipta kondisi kondusif di Myanmar.

“Ketiga, Kami mengusulkan penugasan Sekjen ASEAN dan AHA Centre untuk terus mengupayakan akses agar Comprehensive Needs Assessment dapat segera diselesaikan,” ujar Presiden.

Menurutnya, bantuan kemanusiaan untuk mendukung ­life-sustaining menjadi lebih penting artinya saat ini.

Baca Juga: Mobil Pengangkut Jerigen BBM Terbakar, Dua Orang Terluka, Dugaan Sementara Akibat Bara Rokok

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x