Obat Gangguan Gagal Ginjal Akut Diberikan Gratis, Menkes Usahakan Percepat Kedatangannya

- 27 Oktober 2022, 12:40 WIB
Ilustrasi obat Fomepizole. Menkes Budi Gunadi Sadikin akan mempercepat kedatangan obat Fomepizole ke Indonesia untuk menyelamatkan anak-anak yang menderita gagal ginjal akut.
Ilustrasi obat Fomepizole. Menkes Budi Gunadi Sadikin akan mempercepat kedatangan obat Fomepizole ke Indonesia untuk menyelamatkan anak-anak yang menderita gagal ginjal akut. /ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi/


PRFMNEWS - Kasus gangguan gagal ginjal akut pada anak tentunya membuat khawatir semua orang, khususnya orang tua yang memiliki anak-anak.

Namun selain khawatir tentunya kita pun harus tetap waspada dan sebisa mungkin melakukan pencegahan.

Tidak hanya masyarakat dan para orang tua yang melakukan pencegahan, pemerintah Indonesia pun telah mengusahakan mendatangkan Antidotum Fomepizole injeksi untuk obat gangguan gagal ginjal akut ini.

Baca Juga: Menkes Pastikan Fomepizole Obat untuk Pasien Gagal Ginjal Akut Diberikan Secara Gratis

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan akan mempercepat kedatangan Fomepizole sebagai pengobatan pasien dengan Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal atau Acute Kidney Injuries (AKI).

Kendati didatangkan dari luar negeri, obat Antidotum Fomepizole ini akan diberikan secara gratis kepada seluruh pasien.

''Kita akan memberikan obatnya kepada pasien AKI secara gratis,'' tutur Menkes, ujar Menkes, seperti yang dikutip prfmnews.id dari Laman Resmi Kemenkes pada Kamis 27 Oktober 2022.

Diketahui 10 dari 11 pasien AKI yang mengkonsumsi obat sirup yang diduga tercemar senyawa kimia tertentu berangsur membaik kondisinya setelah meminum obat ini selama dalam perawatan di rumah sakit rujukan RSCM.

Baca Juga: 20 Quotes Hari Sumpah Pemuda Pembangkit Semangat,dari Para Tokoh Nasional

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x