Cuaca Ekstrem Berlanjut hingga 21 Oktober 2022, Ini Kata BMKG

- 17 Oktober 2022, 17:00 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem
Ilustrasi cuaca ekstrem /PRFM

 

PRFMNEWS - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan prakiraan cuaca ekstrem yang akan terus berlanjut hingga 21 Oktober 2022.

Potensi cuaca ekstrem masih terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia, karena kondisi atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup kompleks dan dinamis untuk sepekan ke depan, yang dipengaruhi oleh fenomena atmosfer global, regional ataupun lokal.

Dikutip dari laman resmi BMKG, hasil analisa dinamika atmosfer menunjukkan terdapat Siklon Tropis SONCA di sekitar laut China Selatan sebelah timur Vietnam dengan kecepatan angin mencapai 35 knots (64 km/h) dan tekanan udara minimun di pusatnya mencapai 998 mb.

Baca Juga: WASPADA! BMKG Ungkap Potensi Cuaca Ekstrem Seminggu ke Depan di 24 Provinsi, Termasuk Jawa Barat

"Dampak tidak langsung yang terjadi dari adanya sistem bibit siklon tersebut adalah potensi hujan sedang-lebat yang disertai kilat/petir/angin kencang di wilayah Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, dan Kalimantan Barat dengan potensi gelombang tinggi di wilayah perairan utara Indonesia," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Sedangkan untuk periode 15-21 Oktober 2022, berdasarkan prakiraan berbasis dampak, wilayah yang berpotensi terdampak hujan lebat dengan kategori siaga berada di sebagian wilayah Aceh, Sumatera Utara, dan Riau.

Selain itu, ada juga potensi pasang maksimum yang perlu diwaspadai antara lain di Wilayah Pantai Utara DKI yang terjadi pada pukul 10:00 - 15:00 WIB dan di Pantai Belawan pukul 04:00 - 10:00 WIB.

Baca Juga: Yana Mulyana Titip Pesan untuk Sejumlah Dinas di Kota Bandung Menyusul Potensi Cuaca Ekstrem Picu Bencana

"Kondisi ini berpotensi menghalangi aliran air permukaan atau air hujan dari darat ke laut, sehingga dapat mengakibatkan genangan atau banjir Rob di pantai.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x