Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang Berpotensi Terjadi Selama Sepekan, kata BMKG

- 10 Oktober 2022, 09:05 WIB
Ilustrasi hujan.
Ilustrasi hujan. /PRFM

PRFMNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya cuaca ekstrem yang akan terjadi hinga 15 Oktober 2022 mendatang.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan, cuaca ekstrem berupa hujan lebat diserta dengan kilat/petir dan angin kencang diprediksi bisa terjadi selama sepekan pada periode 9 hingga 15 Oktober 2022 mendatang.

Dia menjelaskan, cuaca ekstrem ini diprediksi terjadi berdasarkan pada analisis terkini bahwa kondisi dinamika atmosfer di wilayah Indonesia.

Baca Juga: BMKG Rilis Daftar Wilayah Potensi Cuaca Ekstrem 9-15 Oktober 2022, Hujan Petir hingga Awan Cumulonimbus

“Berdasarkan analisis terkini bahwa kondisi dinamika atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah dalam sepekan ke depan,” ujar Dwikorita.

Potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai dengan kilat/petir dan angin kencang ini diprediksi merata terjadi di semua wilayah Indonesia kecuali Sumatera Barat dan Nusa Tenggara Timur.

BMKG juga mengungkapkan potensi gelombang tinggi di wilayah perairan Indonesia Pada periode 8 hingga 14 Oktober 2022.

Baca Juga: Daftar Wilayah yang Berpotensi Alami Hujan Lebat Hingga 15 Oktober 2022 Mendatang

Pada periode tersebut, gelombang tinggi dengan ketinggian 1,5 hingga 4 meter berpotensi terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, perairan Pulau Enggano – Bengkulu.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x