Menteri PUPR Sebut Stadion Kanjuruhan Akan Direnovasi Total Selama 1 Tahun, Juga Dibangun Monumen Peringatan

- 13 Oktober 2022, 19:20 WIB
Stadion Kanjuruhan akan direnovasi total menyusul perisitwa Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 132 orang.
Stadion Kanjuruhan akan direnovasi total menyusul perisitwa Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 132 orang. /Antara/Vicki Febrianto/

PRFMNEWS - Pemerintah melalui Kementerian PUPR mengungkap hasil audit bangunan Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang menjadi arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan dari hasil audit diputuskan Stadion Kanjuruhan akan menjalani renovasi atau rehabilitasi total untuk lebih meningkatkan keamanan penonton.

"Kami harus mendesain lagi untuk rehab total, supaya bisa dimanfaatkan lagi agar tidak ada musibah (Tragedi Kanjuruhan) lagi. Kalau begini saja, tidak layak. Dan jika tidak direhab, tidak boleh dipakai," kata Menteri PUPR, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Baca Juga: Tinjau Stasiun Tegalluar Bandung, Presiden Jokowi: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Beroperasi Juni 2023

Menteri Basuki menjelaskan, biaya renovasi total Stadion Kanjuruhan akan menggunakan dana dari APBN. Meski saat ini belum bisa dipastikan berapa besar dana yang dibutuhkan untuk renovasi tersebut.

Basuki pun menuturkan akan ada pendesainan ulang pada Stadion Kanjuruhan dan demi kenyamanan seluruh tribun penonton akan dilengkapi dengan atap seperti di Stadion Manahan, Solo.

"Mudah-mudahan desainnya selesai 3-4 bulan, kemudian baru bisa dimulai (renovasi total), 2023 kita mulai, karena ini sudah perintah Presiden Joko Widodo," ungkapnya.

Baca Juga: Geger 66 Anak Gambia Meninggal Usai Konsumsi Paracetamol, BPOM Beri Jawaban Terkait Peredarannya di Indonesia

Lebih lanjut Basuki menargetkan proses renovasi total Stadion Kanjuruhan tersebut akan rampung dalam waktu kurang lebih satu tahun.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x