Bebas dari Sanksi FIFA, Ada 5 Langkah Kolaborasi Indonesia, FIFA, dan AFC

- 8 Oktober 2022, 09:10 WIB
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo /Kanal Youtube Sekretariat Presiden

PRFMNEWS – Indonesia bebas dari sanksi FIFA usai tragedi Stadion Kanjuruhan. Namun, ada beberapa langkah kolaborasi yang akan digaungkan.

Melalui pernyataan Presiden Joko Widodo, surat langsung yang dikirim oleh FIFA mengatakan bahwa Indonesia berhasil bebas dari sanksi FIFA.

"Berdasarkan surat tersebut, alhamdulillah sepak bola Indonesia tidak dikenakan sanksi oleh FIFA," kata Presiden Joko Widodo pada siaran pers di Youtube Sekretariat Presiden hari ini, Jumat, 7 Oktober 2022.

Baca Juga: Indonesia Tidak Kena Sanksi FIFA, Gantinya Diminta Bentuk Tim Transformasi Sepak Bola

Namun, ada lima langkah kolaborasi yang akan dilakukan oleh Pemerintah Indonesia, FIFA, dan AFC untuk membangun sepak bola Indonesia yang lebih baik.

Berikut lima langkah kolaborasi tersebut:
1. Membangun standar keamanan stadion-stadion yang ada di Indonesia.
2. Memformulasikan standar protokol dan prosedur pengamanan yang dilakukan oleh pihak kepolisian berdasarkan standar keamanan internasional.

Baca Juga: Minim Persiapan, Timnas Wanita Indonesia Jalani FIFA Matchday Melawan Singapura
3. Melakukan sosialisasi dan diskusi dengan klub-klub bola di Indonesia, termasuk perwakilan suporter untuk mendapatkan saran dan masukan, serta komitmen bersama.
4. Tentang pengaturan jadwal pertandingan yang memperhitungkan potensi-potensi risiko yang ada.
5. Pendampingan para ahli di bidangnya.

Presiden FIFA, Gianni Infantino pun akan mengunjungi Indonesia dalam waktu dekat untuk berdiskusi dengan Pemerintah Indonesia.

"Nanti Presiden FIFA juga akan ke Indonesia pada Oktober atau November untuk diskusi dengan pemerintah," tandas Presiden Jokowi.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x