SIAP-SIAP, Presiden Jokowi Bakal Bagi-bagi Bansos Tambahan Rp600 Ribu Mulai September 2022

- 30 Agustus 2022, 13:15 WIB
Menkeu Sri Mulyani sebut akan ada BLT yang dibagikan per-September 2022 mendatang.
Menkeu Sri Mulyani sebut akan ada BLT yang dibagikan per-September 2022 mendatang. /Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO

PRFMNEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membagikan bantuan sosial (bansos) tambahan berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp600 ribu kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat.

Bansos tambahan berupa BLT uang senilai Rp600 ini dibagikan jelang rencana kenaikan harga BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar oleh pemerintah dalam waktu dekat.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, BLT sebagai bentuk pengalihan subsidi BBM ini akan dibagikan mulai September 2022.

Baca Juga: Jokowi Sebar Bansos Rp24 Triliun Jelang Kenaikan Harga BBM Subsidi, Kapan Cair dan Mulai Dibagikan?

Teknis pembagian BLT Rp600 ribu kepada keluarga penerima manfaat jelang kenaikan harga BBM Pertalite dan Solar ini akan diatur oleh Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

“Ibu Mensos akan membayarkannya dua kali yaitu Rp300 ribu pertama dan Rp300 ribu kedua. Nanti Ibu Mensos akan bisa menjelaskan secara lebih detail itu akan dibayarkan melalui berbagai saluran kantor pos di seluruh Indonesia,” kata Sri Mulyani.

Khusus untuk memenuhi penyaluran BLT tambahan ini, Sri Mulyani menyebut pihaknya menyiapkan anggaran sebesar Rp12,4 triliun dari total Rp24,17 triliun yang dipecah untuk dua jenis bansos tambahan lainnya.

Baca Juga: Pekerja Gaji di Bawah Rp3,5 Juta Bisa Dapat Bansos dari Jokowi Rp600 Ribu

BLT tambahan dari Presiden ini, kata Menkeu, bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat sekaligus mengurangi angka kemiskinan akibat tendensi berbagai macam kenaikan harga di tengah ancaman krisis global.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x