Menyambut HUT RI, Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan Akhirnya Resmi Dibuka

- 13 Agustus 2022, 19:40 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir buka suara terkait kegiatan pameran arsip dan mobil kepresidenan yang berlangsung di Gedung Sarinah pada 15-31 Agustus 2022.
Menteri BUMN Erick Thohir buka suara terkait kegiatan pameran arsip dan mobil kepresidenan yang berlangsung di Gedung Sarinah pada 15-31 Agustus 2022. /Antara Foto/Dhemas Reviyanto/

PRFMNEWS - Dalam gelaran menyambut Hari Ulang Tahun RI ke 77 Republik Indonesia, pameran arsip dan mobil kepresidenan akhirnya resmi dibuka oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat.

Pratikno mengatakan "Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pameran pada pagi hari ini kita buka".

Terdapat 7 unit mobil kepresidenan yang pernah dipakai oleh 7 Presiden RI, dipamerkan di area sekitar parkiran selatan Sarinah.

Baca Juga: UKM Mahacita UPI Dukung Renstra UPI serta Gelaran Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022

Pada saat Soekarno menjabat sebagai presiden, unit Buick tahun 1939 lah yang dipakai dan menjadi satu-satunya mobil kepresidenan tertua yang terdapat dalam pameran.

Sedangkan mobil termuda adalah Mercedes-Benz Sedan S600 tahun 2008 yang pernah dipakai oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo.

Ada juga pameran arsip yang digelar di dalam Gedung Sarinah, lokasi rinci nya yaitu ada di belakang relief bersejarah atau pada selasar pintu masuk utara.

Baca Juga: Jadwal Tayang Pengabdi Setan 2 Communion di Bioskop Bandung Akhir Pekan Ini 13 dan 14 Agustus 2022

Arsip-arsip yang dipamerkan adalah rekaman video pembacaan Teks Proklamasi sampai dengan arsip kebijakan pemerintah, termasuk ajakan Presiden Soekarno untuk menumpas buta huruf.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x