Masyarakat Bingung Indonesia Masuk Musim Kemarau Tapi Hujan Terus, BMKG Berikan Penjelasan

- 16 Juli 2022, 20:00 WIB
BMKG menyebutkan ada tiga fenomena yang sebabkan masih terjadinya hujan di musim kemarau
BMKG menyebutkan ada tiga fenomena yang sebabkan masih terjadinya hujan di musim kemarau /Antara/FB Anggoro/

PRFMNEWS - Masyarakat dibuat bingung dengan kondisi cuaca di Indonesia.

Pada pertengahan tahun, Indonesia memasuki jadwal pergantian musim menjadi musim kemarau.

Tapi pada pertengahan tahun 2022 ini, beberapa wilayah di Indonesia kerap diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan curah hujan dengan intensitas ringan hingga lebat masih berpotensi mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia selama sepekan kedepan (tanggal 16-23 Juli 2022) meskipun telah memasuki musim kemarau.

Baca Juga: 47 Daftar Istilah Makanan Saat MPLS atau MOS, Ada Permen Maksiat dan Mall Cilandak

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto menjelaskan, hal ini disebabkan oleh masih aktifnya beberapa fenomena dinamika atmosfer skala global-regional yang cukup signifikan. Diantaranya, yaitu fenomena La Nina yang pada bulan Juli ini diidentifikasi masih cukup aktif dengan kategori lemah.

"Kondisi tersebut masih turut berpengaruh terhadap penyediaan uap air secara umum di atmosfer Indonesia," ujarnya dalam keterangan resmi BMKG yang diterima Redaksi prfmnews.id pada Sabtu 16 Juli 2022.

Selain La Nina, lanjut Guswanto, fenomena Dipole Mode di wilayah Samudra Hindia saat ini juga menunjukkan indeks yang cukup berpengaruh dalam memicu peningkatan curah hujan terutama di wilayah Indonesia bagian barat.

Sementara itu, lanjut Guswanto, dalam skala regional, terdapat beberapa fenomena gelombang atmosfer yang aktif meningkatkan aktivitas konvektif dan pembentukan awan hujan, yaitu; MJO (Madden Jullian Oscillation), gelombang Kelvin, dan gelombang Rossby yang terjadi pada periode yang sama.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x