Beberapa Keunggulan STB Siaran TV Digital, Salahsatunya Bisa Atur Program Siaran Ramah Anak

- 19 Juni 2022, 19:24 WIB
Ilustrasi Set Top Box atau STB
Ilustrasi Set Top Box atau STB /Pixabay/ OpenClipart-Vectors

PRFMNEWS - Masyarakat didorong untuk segera beralih ke siaran televisi digital seiring berjalannya program Analog Switch Off dari pemerintah.

Analog Switch Off atau ASO adalah program penghentian siaran televisi analog yang paling lambat diterapkan pada 2 November 2022 di seluruh daerah Indonesia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai lead sector program ini telah menyosialisasikan ke sejumlah pihak sekaligus masyarakat soal manfaat siaran digital.

Baca Juga: Siaran Analog di 4 Daerah di Jawa Barat Ini Sebentar Lagi Dimatikan, Simak Bedanya dengan Siaran Digital

Selain sinyal yang ditangkap lebih bagus dan jernih, ada juga beberapa manfaat lain jika sudah migrasi ke siaran digital.

Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo, Geryantika Kurnia menuturkan, beberapa fitur khusus akan tersedia di STB atau Set Top Box, alat penangkap sinyal digital.

Fitur pertama adalah EPG atau Electronic Program Guide. Fitur ini memungkinan masyarakat bisa melihat jadwal acara televisi selama satu bulan ke depan.

Baca Juga: Analog Switch Off, Menkominfo : Verifikasi Data Penerima STB Harus Akurat

"EPG electronic program guide, itu nanti jadwal-jadwal tayangan di TV itu bisa satu bulan, jadi masyarakat bisa lihat jadwal 1 bulan acara di stastiun TV," kata Geryantika dalam Bimtek virtual belum lama ini.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x