Alasan Luhut Patok Harga Tiket Masuk Borobudur Rp750 Ribu, Wisatawan Wajib Pakai Tour Guide

- 5 Juni 2022, 15:15 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Bindsar Panjaitan memberikan tarif baru bagi wisatawan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Bindsar Panjaitan memberikan tarif baru bagi wisatawan /Pixabay/Qwertyvied


PRFMNEWS - Harga tiket masuk objek wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah naik menjadi Rp750 ribu per wisatawan atau pengunjung domestik (dalam negeri) dan 100 dolar AS bagi turis mancanegara (asing).

Penetapan harga tiket masuk Candi Borobudur yang baru Rp750 ribu bagi wisatawan domestik dan 100 dolar AS khusus turis mancanegara disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Menko Luhut Binsar Pandjaitan juga akan menerapkan pembatasan jumlah pengunjung di kawasan wisata Candi Borobudur menjadi sebanyak 1.200 orang per hari.

Baca Juga: Siap-siap, Wisatawan yang Ingin Naik Candi Borobudur Wajib Pakai Sandal Khusus

Luhut pun menegaskan bahwa wisatawan wajib memakai jasa pemandu wisata (tour guide) saat masuk ke Candi Borobudur yang berasal dari warga lokal setempat.

Alasan Luhut mengambil kebijakan bagi wisatawan yang berkunjng ke Candi Borobudur itu demi makin melestarikan kekayaan sejarah dan budaya Nusantara tersebut.

"Kami juga sepakat untuk membatasi kuota turis sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5.000 rupiah saja," katanya, dikutip prfmnews.id dari laman ANTARA, pada Minggu 5 Mei 2022.

Baca Juga: Ditunjuk Jokowi Tangani Masalah Minyak Goreng, ini Target Luhut yang Harus Dicapai Bersama 4 Menteri Lain

"Ini kami lakukan demi menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan sense of belonging terhadap kawasan ini sehingga rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan salah satu situs sejarah nusantara ini bisa terus tumbuh dalam sanubari generasi muda di masa mendatang," imbuhnya.

Kini, Luhut tengah menerangkan pada pemerintah untuk bergotong royong mengembangkan konsep Candi Borobudur sebagai laboratorium konservasi cagar budaya bertaraf internasional.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x