Siap-siap, Wisatawan yang Ingin Naik Candi Borobudur Wajib Pakai Sandal Khusus

- 16 Januari 2022, 09:45 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat melakukan peninjauan ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (14/1/2022). ANTARA/HO-Kemenparekraf/aa.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat melakukan peninjauan ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (14/1/2022). ANTARA/HO-Kemenparekraf/aa. /

PRFMNEWS – Pengunjung atau wisatawan yang naik ke Candi Borobudur nantinya wajib menggunakan sandal khusus ‘Upanat’. Sandal ini menjadi alas kaki yang memiliki dasar lebih empuk.

Sandal khusus ‘Upanat’ rencananya akan diproduksi pelaku ekonomi kreatif di sekitar kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Sandal khusus “Upanat” dipakai bagi wisatawan yang ingin naik ke struktur terbatas Candi Borobudur, guna menjaga kelestarian dan keutuhan warisan budaya dunia tersebut.

Baca Juga: Wah! Ada Spiderman Bujuk Vaksinasi Covid-19 Pengunjung Candi

Struktur terbatas sekaligus inspirasi pembuatan sandal Upanat yang dimaksud, adalah relief nomor 150 bernama Karmawibhangga (pahatan di bagian kaki Candi Borobudur).

Sandal khusus 'Upanat' wajib digunakan wisatawan agar tidak merusak lantai tangga dan struktur bangunan yang ada di candi.

Rencana penggunaan sandal khusus itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, seperti dilansir prfmnews.id dari laman ANTARA pada Minggu 16 Januari 2022.

Baca Juga: Yakin Gak Tergoda? Ini 6 Wisata Hidden Gem Dekat Sirkuit Mandalika, Rekomendasi Liburan Usai Nonton MotoGP

Sandiaga Uno menyebut, sandal khusus tersebut akan diproduksi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sehingga membuka peluang usaha yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x