TV Analog Bakal Diganti TV Digital, Simak Perbedaannya

- 23 Mei 2022, 09:40 WIB
Ilustrasi TV /Pixabay/Muhamed_hassan
Ilustrasi TV /Pixabay/Muhamed_hassan /


PRFMNEWS - Saat ini Kementerian Kominfo sedang melakukan sebuah program penghentian total siaran televisi analog ke siaran digital atau Analog Switch Off (ASO).

Untuk pekerja di stasiun televisi atau orang yang mengerti seputar siaran televisi mungkin mengerti perbedaan antara siaran tv analog dan digital. Namun, untuk masyarakat pada umumnya tidak semua mengetahui perbedaan antara siaran televisi digital juga analog.

Karena pemerintah sedang melakukan program ASO, maka berikut ini adalah perbedaan antara televisi analog dan digital yang harus diketahui seperti dikutip prfmnews.id sari laman lifewire.com pada Senin, 23 Mei 2022:

Baca Juga: 4 Perbedaan TV Analog dan TV Digital yang Perlu Diketahui

Perbedaan TV Analog dan Digital

Sinyal TV analog ditransmisikan mirip dengan sinyal radio. Pada TV analog, sinyal video ditransmisikan dalam AM, sedangkan audio ditransmisikan dalam FM.

Namun, sayangnya sinyal tersebut dapat mengalami gangguan termasuk dalam jarak atau lokasi geografis TV yang menerima sinyal.

Selain itu jumlah bandwith yang ditetapkan ke saluran TV analog membatasi resolusi dan kualitas gambar secara keseluruhan.

Baca Juga: Jelang Analog Switch Off, Berikut Cara Mudah Cek TV yang Telah Digital atau Belum

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x