Syarat Mudik Terbaru, Anak-anak dan Remaja Usia di Bawah 18 Tahun Boleh Mudik Tidak Wajib Antigen atau PCR

- 19 April 2022, 11:30 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers Senin, 18 April 2022 kemarin. Dia menyampaikan anak-anak di bawah 18 tahun bisa mudik tanpa antigen dan PCR asal sudah dapat 2 dosis vaksin covid-19.
Menkes Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers Senin, 18 April 2022 kemarin. Dia menyampaikan anak-anak di bawah 18 tahun bisa mudik tanpa antigen dan PCR asal sudah dapat 2 dosis vaksin covid-19. /tangkapan layar youtube sekretariat presiden/

PRFMNEWS – Pemerintah memutuskan syarat mudik terbaru bagi anak-anak dan remaja usia di bawah 18 tahun yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis kedua boleh mudik tanpa wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR maupun Antigen.

Keputusan anak-anak dan remaja usia di bawah 18 tahun sudah dapat vaksin dosis kedua bisa mudik tanpa tes antigen ataupun PCR disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Menkes Budi dalam keterangannya saat rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin, 18 April 2022 kemarin menjelaskan, keputusan tersebut diambil usai pemerintah memperhatikan dinamika yang terjadi di masyarakat terkait kebijakan vaksin penguat (booster) sebagai salah satu syarat mudik.

Baca Juga: Tak Disangka, Yana Mulyana Dapat 3 Pesan Spesial dari Ridwan Kamil Usai Dilantik Jadi Wali Kota Bandung

“Kita memang mensyaratkan booster, kalau tidak mau dites antigen atau PCR untuk mudik. Tapi booster ini hanya diberikan pada usia orang di atas 18 tahun, jadi memang ada dinamika,” ujarnya, dikutip prfmnews.id dari laman Sekretariat Presiden.

“Ini kalau anak-anak di bawah 18 tahun gimana? Mau booster juga belum boleh. Jadi akhirnya diputuskan Bapak Presiden, anak-anak, remaja kalau mau mudik belum dibooster enggak apa-apa, enggak usah dites antigen,” imbuhnya.

Ia menambahkan, syarat terbaru tersebut akan membuat anak-anak bisa mendampingi orang tuanya saat mudik tanpa perlu tes PCR atau antigen, asal sudah mendapat vaksin Covid-19 dua kali.

Baca Juga: Pria Penyebar Video Hoax Ibu Gorok Leher Anak Saat Sahur Ditangkap Polisi

“Jadi ini hadiah dari beliau (Presiden Jokowi) kepada anak-anak kita yang keluarganya mau menikmati mudik ini dengan lebih baik lagi,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x