Bantu Cegah Penyebaran Covid-19 di Surabaya, Tel-U Kirim AUMR

- 3 Juni 2020, 19:33 WIB
Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto dikawal oleh Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo saat pengriman AUMR Tel-U ke Surabaya
Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto dikawal oleh Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo saat pengriman AUMR Tel-U ke Surabaya //Dok Tel-U.

BANDUNG, (PRFM) - Ikut berkontribusi dalam penanggulangan dan pencegahan Virus Corona (Covid-19) di Surabaya, Telkom University (Tel-U) dengan sigap mengirimkan Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR) pada Selasa, (2/6/2020).

Seperti diketahui, berdasarkan informasi yang dihimpun dari Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, hampir seluruh Kabupaten di Jawa Timur memiliki pasien positif Covid-19 yang cukup tinggi, khususnya di Kota Surabaya yang termasuk kedalam zona merah pekat.

Pengiriman AUMR Tel-U ke Surabaya ini dibawa langsung menggunakan pesawat khusus oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dikawal oleh Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, bersama beberapa tim lainnya seperti Dody Ruswandi (Deputi III), Prashinta (Deputi V), Raditya Jati (Kapusdatinkom), Egy Massadiah (Tenaga Ahli Ka BNPB) dan 1 perwakilan tim AUMR Telkom University yang tepat pukul 08.00 WIB sudah sampai di Surabaya.

Baca Juga: PO Primajasa Pertahankan 5 Ribu Karyawannya di Tengah Pandemi Corona

AUMR ini nantinya akan langsung dibawa ke Gedung Negara Grahadi, selain AUMR, ada juga penyerahan bantuan lain berupa ventilator dan alat pelindung diri (APD).

Penyerahan AUMR diwakili oleh Tim AUMR, Ravindra Ditama dan diserahkan langsung oleh Ketua Gugus Tugas Covid-19 disaksikan oleh Kemenkes kepada Gubernur Jatim.

Setelah acara penyerahan, Rombongan terlebih dahulu mengikuti rapat Intern Presiden membahas mengenai “Implementasi Kebijakan Satu Data Indonesia” dan Rakorsus Tingat Menteri Menko Polhukan “Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak”, keduanya dilakukan melalui Video Conference.

Tepat pukul 14:30 WIB, rombongan melanjutkan perjalanan ke Rumah Sakit Lapangan di Jalan Indrapura, Kota Surabaya, untuk mengikuti peresmian serta peninjauan lokasi Rumah Sakit Lapangan.

Implementasi AUMR nantinya akan dilakukan di RS Lapangan. Sebagai informasi, RS Lapangan Indrapura saat ini memiliki 271 tempat tidur yang tersedia di tenda, ruangan besar atau hall, dan di dalam gedung.

Jumlah kapasitas tersebut masih dapat dikembangkan secara bertahap dengan total maksimal hingga 512.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x