Menteri PPPA Bintang Puspayoga Apresiasi Data Terpilah yang Dibuat Gugus Tugas

- 7 Mei 2020, 11:20 WIB
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA), Bintang Puspayoga.*
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA), Bintang Puspayoga.* /Dok. Kemen PPPA

BANDUNG,(PRFM) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA), Bintang Puspayoga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 atas mulai dipublikasikannya data terpilah para pasien terinfeksi Covid-19 menurut jenis kelamin dan kelompok usia yang dapat dibaca masyarakat pada website Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan juga kepada Kementerian Kesehatan atas jerih payahnya yang sudah memproduksi dan mempublikasi data masyarakat positif, dirawat/isolasi mandiri, sembuh dan meninggal akibat terinfeksi virus Covid-19 ini dalam bentuk Data Terpilah menurut Jenis Kelamin dan Kelompok Usia, berskala nasional,” ujar Bintang dalam siaran persnya.

Baca Juga: Antisipasi Pemudik, Polres Cimahi Kerahkan Petugas di Jalur Utama dan di Jalur Tikus

Bintang menambahkan, data terpilah tersebut sangat membantu Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) dalam menyusun kebijakan dan program, serta menyalurkan bantuan pemenuhan kebutuhan spesifik bagi perempuan dan anak kelompok rentan terdampak Covid-19.

“Seperti diketahui perempuan, anak, penyandang disabilitas dan lansia adalah kelompok rentan yang harus mendapatkan perlindungan dan dipenuhi hak-haknya saat pandemi ini, khususnya mereka yang berada dalam keluarga miskin. Saya berharap publikasi data terpilah ini bisa segera diikuti oleh Gugus Tugas Covid-19 di daerah di seluruh Indonesia,” tambah Bintang.

Baca Juga: Tim Prabu Polrestabes Bandung Berhasil Bubarkan dan Tangkap Pelaku Balap Liar

Lebih lanjut, Bintang mengungkapkan sebelum tersedianya data terpilah tersebut, Kemen PPPA telah mengoordinasikan dengan seluruh unit kerja yang menangani urusan perempuan dan anak untuk mengumpulkan dan mengolah data terpilah di daerahnya masing-masing. Tentunya upaya ini dilakukan melalui kerjasama dengan GT PP Covid-19 dan Dinas Kesehatan setempat.

“Hingga 21 April telah diterima laporan dari 15 (lima belas) Dinas PPPA Provinsi yang telah mengirimkan data terpilah lengkap (ODP – PDP – Positif – Meninggal, Laki-Laki, Perempuan, dan Anak). Pihaknya juga menerima laporan data terpilah menurut jenis kelamin dari 6 (enam) provinsi, sementara 13 provinsi lainnya belum mengirimkan data terpilah,” ungkap Bintang.

Baca Juga: Baznas Jabar Sudah Tetapkan Besaran Zakat di Setiap Daerah, Kota Bandung Rp30 Ribu

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Kemen PPPA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x