Menkes: Kasus Harian Omicron di 6 Provinsi Ini Lampaui Varian Delta

- 15 Februari 2022, 20:20 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. /BPMI

PRFMNEWS - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan konfirmasi kasus harian Omicron di enam provinsi telah melampaui varian Delta.

Hal tersebut disampaikan Budi dalam keterangan pers usai Ratas terkait Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Senin, 14 Februari 2022.

"Ada enam provinsi yang sudah melampaui kasus Delta, dengan 37 Kabupaten/Kota yang juga melampaui puncak Delta. Keenam provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Banten, Jabar, Bali, NTB, dan Papua," kata Menkes.

Baca Juga: Kabarkan Temuan Pasien Positif Covid-19 Varian Omicron Pertama di Indonesia, Budi Gunadi: Pasien Tanpa Gejala

"Semua provinsi yang sudah melampaui puncak Delta kasusnya, itu rumah sakitnya sekitar 30 persenan dari puncak Delta," sambung Budi.

Budi menuturkan bahwa wilayah DKI dan Bali merupakan dua provinsi dengan BOR yang cukup tinggi.

Namun demikian, kasus di kedua provinsi tersebut telah melandai. Khususnya DKI Jakarta yang memperlihatkan adanya penurunan kasus.

Baca Juga: Meski Negatif, Kontak Erat Pasien Omicron Tetap Harus Isolasi 5 Hari, Ini Penjelasannya

Budi juga menjelaskan, meski varian Omicron memiliki kasus konfirmasi yang lebih tinggi dari varian Delta, tapi tingkat BOR relatif lebih rendah dari kasus Delta.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x