Prof Zubairi Ungkap 5 Obat Covid-19 yang Terbukti Tidak Bermanfaat, Ivermectin Masuk

- 6 Februari 2022, 13:10 WIB
Ilustrasi obat ivermectin
Ilustrasi obat ivermectin /Tangkapan Layar YouTube.com/Global News


PRFMNEWS - Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof Zubairi Djoerban mengungkap beberapa obat yang sempat dipakai untuk terapi Covid-19 tapi nyatanya terbukti tidak bermanfaat.

Bahkan menurut Zubairi, ada obat yang menyebabkan efek samping serius terhadap beberapa kasus.

Obat Covid-19 yang tidak bermanfaat itu adalah IIvermectin, Klorokuin, Oseltamivir, Plasma Convalescent, dan Azithromycin.

Baca Juga: Cerita 8 Karyawan Susi Pudjiastuti yang Sembuh dari Covid-19 dalam 7 Hari Setelah Konsumsi Ivermectin

Dalam cuitan twitternya @profesorzubairi, ia juga menjelaskan satu per satu alasan obat tersebut tidak bermanfaat sama sekali.

"(Ivermectin) Tidak disetujui Badan Pengawas Obat & Makanan (FDA) AS, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan regulator obat Uni Eropa. Banyak laporan pasien yang memerlukan perhatian medis, termasuk rawat inap, setelah konsumsi Ivermectin," tulis Zubairi, Sabtu 5 Februari 2022.

Kemudian Klorokuin, obat ini sebenarnya sudah dipakai oleh ratusan ribu orang di dunia. Namun terbukti malah berbahaya untuk jantung.

Baca Juga: Ivermectin Jadi Obat untuk Pasien Covid-19? Begini Penjelasan IDI Jabar

"Manfaat antivirusnya justru enggak ada. Jadi, klorokuin tidak boleh dipakai lagi," ucapnya.

Lalu, Oseltamivir, obat ini sebenarnya untuk Influenza. Tidak ada bukti ilmiah untuk mengobati Covid-19. Bahkan, WHO sudah menyatakan obat ini tidak berguna untuk Covid-19. Kecuali saat dites terbukti positif Influenza, tapi amat jarang ditemukan di Indonesia.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x