BMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami NTT, Tapi Ada Imbauan yang Perlu Diperhatikan Warga

- 14 Desember 2021, 13:50 WIB
ilustrasi tsunami
ilustrasi tsunami /pixabay/


PRFMNEWS – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) resmi mencabut peringatan dini tsunami pascagempa magnitudo 7,4 di Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Selasa, 14 Desember 2021

Meski demikian, ada sejumlah imbauan yang perlu diperhatikan warga di wilayah NTT, khususnya di lokasi gempa awal dan sekitarnya.

BMKG mencabut peringatan dini tsunami NTT setelah 2 jam memonitor kondisi permukaan air laut di sekitar titik gempa sudah tidak mengalami kenaikan.

Baca Juga: Gempa Larantuka NTT, BMKG Rilis Peringatan Dini Tsunami, 2 Daerah Telah Terjadi dan 4 Level Waspada

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers siang ini.

"Sudah 2 jam setelah kejadian pada 10.20 WIB tadi dan sekarang sudah pukul 12.24 WIB, artinya sudah lebih dari 2 jam setelah kejadian dan tidak terdeteksi kenaikan muka air laut lagi, maka peringatan dini tsunami dinyatakan telah berakhir," kata Dwikorita, dalam siaran langsung di kanal YouTube Info BMKG siang ini.

Dwikorita menambahkan, meski peringatan dini tsunami sudah dicabut, gempa susulan masih terus terjadi. Hingga pukul 11.40 WIB tercatat ada 15 kali gempa susulan terjadi di wilayah NTT dan sekitarnya.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 7,5 Guncang Larantuka NTT Berpotensi Tsunami, Warga Berlarian ke Tempat Lebih Tinggi

Demi keamanan warga mengingat gempa susulan yang masih terus terjadi, BMKG kata Dwikorita, memberikan sejumlah imbauan kepada warga NTT dan sekitarnya.


1. Warga sudah bisa kembali ke rumah yang masih kokoh

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x