KABAR TERBARU Pasca Erupsi Gunung Semeru, Lebih dari 900 Orang Terlibat Operasi Evakuasi dan Pelayanan Dasar

- 7 Desember 2021, 02:42 WIB
Upaya pencarian dan evakuasi korban terdampak erupsi Gunung Semeru oleh tim satuan tugas gabungan, Senin 6 Desember 2021
Upaya pencarian dan evakuasi korban terdampak erupsi Gunung Semeru oleh tim satuan tugas gabungan, Senin 6 Desember 2021 /Dok BNPB.

PRFMNEWS - Ada lebih dari 900 orang yang terlibat operasi penanganan darurat pasca benca erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Data yang dihimpun oleh Pusat Pengendalian Operasi BNPB per Senin 6 Desember 2021 malam, jumlah personel gabungan operasi penanganan darurat pasca erupsi Gunung Semeru mencapai 985 orang.

Ratusan personel ini melakukan berbagai upaya penanganan darurat yang saat ini memfokuskan pada pencarian dan evakuasi serta pelayanan dasar warga terdampak.

Baca Juga: 3 Perusahaan Dapat Kucuran Dana Triliunan Rupiah untuk Bangun Proyek Antariksa Swasta

Selain personel, sejumlah peralatan diterjunkan untuk membantu proses pencarian warga yang diduga masih hilang, antara lain BNPB menyiagakan 3 unit helikopter dan Palang Merah Indonesia (PMI) mendorong 2 unit hagglund yang dapat menembus medan berat di lokasi terdampak material vulkanik.

Jumlah personel di lapangan diperkirakan lebih banyak lagi untuk membantu tanggap darurat di lapangan, seperti mereka yang bekerja untuk perbaikan infrastruktur dasar listrik, komunikasi atau pun akses jalan.

Misalnya pada sektor infrastruktur, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) Nazib Faizal,menyebut pihaknya mengerahkan personel untuk membantu beberapa langkah penanganan darurat paska erupsi, antara lain pembersihan jaringan jalan untuk memulihkan konektivitas baik jalan nasional, provinsi maupun kabupaten, pencarian jalur alternatif untuk menghubungkan Lumajang-Turen-Malang yang putus akibat robohnya jembatan Besuk Kobokan.

Baca Juga: Lelang Harley untuk Korban Banjir Bandang Garut dan Erupsi Gunung Semeru, Doni Salmanan Donasi Rp2 Miliar

“Percepatan evakuasi korban dan pembersihan Kawasan,” ujarnya seperti dikutip prfmnews.id dari katerangan resmi BNPB.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x