Tak Hanya Lumajang, Sejumlah Titik di Malang juga Diguyur Hujan Abu Vulkanik Akibat Erupsi Gunung Semeru

- 4 Desember 2021, 22:11 WIB
Warga menyelamatkan diri saat Gunung Semeru meletus di Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Sabtu 4 Desember 2021. Gunung Semeru meletus dan mengeluarkan awan panas yang mengakibatkan hujan abu di Kabupaten Lumajang dan Malang.
Warga menyelamatkan diri saat Gunung Semeru meletus di Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Sabtu 4 Desember 2021. Gunung Semeru meletus dan mengeluarkan awan panas yang mengakibatkan hujan abu di Kabupaten Lumajang dan Malang. /ANTARA FOTO/Hermawan/sen/rwa/aa.

PRFMNEWS - Hujan abu vulkanik akibat erupsi Gunung Semeru tidak hanya guyur wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Sejumlah titik di Kabupaten Malang, Jawa Timur juga dilaporkan terjadi guyuran abu vulkanik.

Hal tersebut dibenarkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang. Meski demikian, sejumlah titik di Kabupaten Malang tidak terdampak langsung guguran awan panas, melainkan hanya mengalami hujan abu vulkanik.

"Untuk wilayah terdampak langsung tidak ada, namun hujan abu dilaporkan terjadi di beberapa wilayah," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan, dikutip prfmnews.id dari ANTARA pada Sabtu, 4 Desember 2021.

Baca Juga: Kode Keras! Makan Konate Gabung Persib Bandung?

Beberapa wilayah yang mengalami guyuran hujan abu vulkanik antara lain yakni Kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo, sebagian Wajak dan Bantur.

Guyuran hujan abu vulkanik akibat erupsi Semeru masih terpantau wajar dan tidak membahayakan jiwa warga di kecamatan tersebut secara langsung.

"Sejauh ini kondisi aman di Kabupaten Malang," kata Sadono.

Fakta itu diperkuat oleh Camat Ampelgading Achmad Sovie yang mengatakan jika wilayah Kabupaten Malang yang berdekatan dengan Kabupaten Lumajang, dalam kondisi aman dan tidak terdampak langsung dari erupsi Gunung Semeru.

"Untuk wilayah Kabupaten Malang kondisi aman karena letusan mengarah ke Lumajang," kata Achmad.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah