Erupsi Gunung Semeru, Langit Pronojiwo Lumajang Gelap Bak Malam Hari dan Tercium Aroma Belerang

- 4 Desember 2021, 21:13 WIB
Semburan awan panas guguran yang dimuntahkan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur  saat terjadi erupsi pada Sabtu 4 Desember 2021.
Semburan awan panas guguran yang dimuntahkan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur saat terjadi erupsi pada Sabtu 4 Desember 2021. /Tangkapan layar YouTube video amatir/

PRFMNEWS - Erupsi Gunung Semeru pada Sabtu, 4 Desember 2021 sore sekira pukul 15.10 WIB munculkan guguran awan panas atau banjir lahar.

Berdasarkan pantauan dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Semeru di Pos Gunung Sawur, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, guguran awan panas disertai hujan abu vulkanik tebal membuat langit di kawasan Pronojiwo gelap bak malam hari.

PPGA Pos Gunung Sawur melaporkan bahwa luncuran awan panas Gunung Semeru mengarah ke Besuk Kobokan, Sapiturang, Pronojiwo, Lumajang. Selain disertai abu vulkanik tebal, luncuran awan panas juga memunculkan aroma belerang.

Baca Juga: The Minions Lolos ke Babak Final BWF World Tour Finals 2021, Bakal Bertarung Lawan Ganda Putra Jepang

“Pada pukul 15.10 WIB, PPGA Pos Gunung Sawur melaporkan visual abu vulkanik dari guguran awan panas sangat jelas teramati mengarah ke Besuk Kobokan dan beraroma belerang,” kata Abdul Muhari, Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, dikutip prfmnews.id dari keterangan tertulis BNPB pada 4 Desember 2021.

“Selain itu, laporan visual dari beberapa titik lokasi juga mengalami kegelapan akibat kabut dari abu vulkanik,” lanjutnya.

Menurut catatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), guguran lava pijar teramati dengan jarak luncur kurang lebih 500-800 meter dengan pusat guguran berada kurang lebih 500 meter di bawah kawah.

Diketahui, peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Semeru memicu terjadinya banjir lahar atau guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, pada Sabtu 4 Desember 2021 sekira pukul 15.20 WIB.

Video detik-detik banjir lahar meluncur dari puncak kawah gunung setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut itu viral di sejumlah akun media sosial.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x