Setelah Lomba Mural, Kini Polri Gelar Lomba Orasi Unjuk Rasa, Hadiahnya?

- 24 November 2021, 12:37 WIB
Poster lomba orasi unjuk rasa yang digelar POLRI dalam rangka memperingati hari HAM
Poster lomba orasi unjuk rasa yang digelar POLRI dalam rangka memperingati hari HAM /Instagram @divisihumaspolri


PRFMNEWS - Divisi Humas Polri menggelar lomba orasi unjuk rasa dalam rangka memperingati hari HAM se-dunia yang akan digelar pada 10 Desember 2021 mendatang.

Tema yang diangkat adalah "Memperingati Hari Hak Asasi Manusia". Sementara, sub tema acara tersebut bersifat bebas. Atau dengan kata lain, peserta nantinya dibebaskan untuk menyampaikan orasi dalam bentuk kritik ataupun masukan yang membangun.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, lomba ini merupakan komitmen dari Polri yang sangat menghargai aspirasi-aspirasi dari masyarakat yang merupakan salah satu dari hak asasi manusia.

Baca Juga: Polisi Bikin Lomba Mural, Pengumpulan Karya Format PDF

"Hal itu sebagaimana dengan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 28 dan UU Nomor 9 Tahun 1998 Tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat Dimuka Umum," kata Dedi dalam keterangan resminya, Rabu 24 November 2021.

Ia menjelaskan, lomba orasi ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan ruang dan wadah kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan ekspresinya.

"Polri selalu menghormati dan menghargai hak asasi manusia dalam bentuk mengawal demokrasi dengan melindungi warga negara yang menyampaikan pendapat di muka umum," jelasnya.

Baca Juga: VANDALISME: Mural di Jalan Siliwangi Kota Bandung Dicorat-coret

Teknis lomba orasi itu nantinya akan melalui proses seleksi di tingkat Polda yang nantinya akan disaring untuk masuk ke tingkat Mabes Polri.

Seluruh unsur elemen masyarakat pun boleh ikut dalam kegiatan ini. Mulai dari mahasiswa, buruh, tani dan elemen lainnya. Lomba ini terdiri dari 1 tim yang bisa berisikan 5-15 orang.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x