Waspada Bencana Hidrometeorologi yang Disebabkan Perubahan Iklim di Indonesia

- 21 Oktober 2021, 14:25 WIB
BMKG memperingatkan potensi bencana hidrometeorologi di Indonesia akan meningkat cukup signifikan akibat perubahan iklim.
BMKG memperingatkan potensi bencana hidrometeorologi di Indonesia akan meningkat cukup signifikan akibat perubahan iklim. /ilustrasi pixabay

PRFMNEWS - Saat ini masyarakat diminta untuk mewaspadai terjadinya perubahan iklim yang sewaktu-waktu bisa mengakibatkan bencana hidrometeorologi di Indonesia.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati Dwi Korita Karnawati mengatakan, bencana hidrometeorologi di Indonesia akan meningkat cukup signifikan akibat perubahan iklim.

Menurut dia, bencana hidrometeorologi disebabkan oleh kondisi cuaca dan perubahan iklim.

Baca Juga: TV Nasional Tayangkan Konten Porno saat Penggerebekan Kantor Pinjol Ilegal, Direktur DEEP: Langgar Etika Media

Kondisi ini juga diperparah dengan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menunjukkan bahwa 99% bencana yang terjadi di Indonesia adalah bencana hidrometeorologi.

“Hujan ekstrem yang sangat lebat menyebabkan terjadinya banjir, puting beliung, dan tanah longsor. Lalu, ada juga gelombang pasang dan abrasi,” jelasnya Senin lalu.

Dijelaskannya, bencana hidrometeorologi memiliki berbagai parameter. Ada peningkatan dan penurunan curah hujan hingga suhu dan cuaca ekstrem.

Baca Juga: Masih Banyak Kyai yang Belum Tahu PP dan Perda Pesantren, Pemprov Jabar Terus Lakukan Sosialisasi

Oleh karena itu, bencana hidrometeorologi juga dapat menyebabkan bencana kekeringan ekstrim. Contohnya adalah kebakaran hutan dan lahan dan kekeringan lain.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x