Kepada Dunia, Jokowi Beri 3 Saran Ini untuk Atasi Pandemi Covid-19

- 26 September 2021, 09:18 WIB
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo /Sekretariat Presiden

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo mendapat kesempatan untuk berbicara di depan para pimpinan dunia terkait penanganan pandemi Covid-19.

Jokowi hadir dalam acara United Nation General Assembly atas undangan pribadi dari Presiden Amerika Serikat Joe Biden, pada Rabu 22 September 2021.

Dalam kesempatan itu, Jokowi memberikan tiga masukan untuk negara lain dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Usai Jokowi Undang Peternak Blitar yang Viral, Kapolri Perintahkan Jajarannya Humanis

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Presiden Indonesia menekankan yang pertama perlu segera dibangun adalah arsitektur sistem ketahanan Kesehatan Global yang baru. Karena sistem Kesehatan antar negara berhubungan erat, terutama di masa Pandemi ini.

"Dan kalau kita melihat bahwa di sistem keuangan dunia sudah tertata secara global, arsitekturnya dengan baik, maka Indonesia merasa perlu membawa arsitektur sistem kesehatan global juga ditata dengan baik," kata Budi dikutip dari laman resmi Kemenkes.

Saran kedua yang disampaikan Jokowi adalah perlu segera dibangun mekanisme global untuk sumber daya kesehatan yang bisa diakses oleh seluruh negara, terutama negara-negara berkembang dalam menghadapi krisis kesehatan.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Minta Uji Klinis Vaksin Merah Putih dan Nusantara Dilakukan Transparan

Sama seperti sistem ketahanan keuangan Global yang dibangun dalam bentuk mekanisme IMF yang tata kelolanya sudah jelas, partisipasinya pun juga jelas.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x