Menkes: Skenario Terburuk Covid-19 di Indonesia Tidak Terjadi

- 2 Agustus 2021, 17:40 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. /BPMI


PRFMNEWS - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyebut kasus Covid-19 di Indonesia berangsur menurun pascaditerapkannya PPKM Level 4 di Jawa-Bali.

Selain angka kasus baru menurun, keterisian rumah sakit (BOR) di rumah sakit juga mengalami penurunan dalam tujuh hari terakhir.

"Kita bersyukur kasus konfirmasi di Indonesia sudah menurun, dibuktikan juga BOR RS sudah menurun, dalam rata-rata 7 hari terakhir ini. Presiden mengatakan selain bersyukur, kita harus tetap waspada karena memang virus ini sulit juga," ujar Budi dalam video yang diunggah kanal Youtube Sekretariat Kabinet, Senin 2 Agustus 2021.

Baca Juga: Rapat Evaluasi Usai, PPKM Diperpanjang Lagi? Ini Jawaban Menkes

Bahkan skenario terburuk penambahan harian sebanyak 70 ribu kasus per hari juga tidak terjadi.

Menkes mengatakan, rekor tertinggi penambahan kasus baru di Indonesia adalah 57 ribu, masih jauh dari prediksi 70 ribu kasus per hari.

"Skenario kami penambahan harian terburuk bisa mencapai 70 ribu, tapi Alhamdulillah yang kita lihat sekarang puncaknya kena 57 ribu, dan sudah terlihat penurunan," imbuhnya.

Baca Juga: Update Covid-19 Jabar Hari Ini: Terus Naik, Angka Kesembuhan Capai 3.441 Kasus

Budi mengungkapkan, penurunan kasus itu bukan karena penurunan testing Covid-19, justru pengetesan di Indonesia ditingkatkan berkali-kali lipat.

Jumlah testing yang awalnya 60-70 ribu per hari, sekarang sudah menyentuh angka 200 ribu per hari, bahkan akan ditambah hingga 400 ribu per hari.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x