Nggak Cuma Jakarta, Telemedicine dan Obat Gratis Pasien Isoman Diperluas ke Bodetabek

- 15 Juli 2021, 17:25 WIB
Kementerian Kesehatan menyediakan layananan untuk pasien isoman Covid-19 di Bodetabek dengan 11 telemedicine dan obat gratis.
Kementerian Kesehatan menyediakan layananan untuk pasien isoman Covid-19 di Bodetabek dengan 11 telemedicine dan obat gratis. /PIXABAY/Pexels


PRFMNEWS - Layanan medis online atau Telemedicine dan obat gratis bagi pasien isoman Covid-19 kini diperluas ke wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek).

Sebelumnya program ini baru bisa diakses oleh warga DKI Jakarta yang telah dimulai sejak 7 Juli 2021.

Kementerian Kesehatan menyatakan, layanan ini dapat diakses melalui 11 platform telemedicine di Indonesia yang bekerjasama dengan Kemenkes diantaranya Halodoc, YesDok, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, Klinikgo, Link Sehat, Milvik, Prosehat dan Getwell.

Baca Juga: 11 Aplikasi ini Berikan Layanan Telemedicine Gratis Bagi Pasien yang Jalani Isolasi Mandiri

Layanan telemedicine gratis dimulai dari proses pengambilan dan pemeriksaan sampel di laboratorium. Untuk mendapatkan layanan ini, pasien harus melakukan tes PCR/Antigen di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan.

Agar pelaksanaanya lebih efektif dan efisien, kini alur layanan telemedicine Covid-19 dibuat lebih ringkas.

Pasien tidak perlu lagi mengirimkan pesan ke apotek Kimia Farma, tapi cukup mengisi form pemesanan obat dan unggah KTP di platform telemedicine yang dipilih dan semuanya sudah langsung diproses secara otomatis.

Baca Juga: Pemerintah Bagikan Obat Covid-19 Gratis, Erick Thohir: Kita Mau Rakyat Segera Sembuh

Namun penting dipahami, bahwa tidak semua jenis obat diberikan gratis, hanya ada 2 paket obat yang ditanggung Kemenkes yakni Paket A (Orang Tanpa Gejala) berupa multivitamin C, D, E, Zinc sebanyak 10 butir konsumsi satu kali sehari.

Kemudian Paket B (bergejala ringan) berupa multivitamin C, D, E, Zinc sebanyak 10 butir konsumsi satu kali sehari, Azithromisin 500mg sebanyak 5 butir konsumsi sehari sekali, Oseltamivir 75mg sebanyak 14 butir konsumsi dua kali sehari dan parasetamol tab 500 mg sebanyak 10 butir (apabila dibutuhkan).

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x