Dinkes Tegaskan Hotel di Kota Bandung yang Sediakan Paket Isoman Berbayar Harus Memiliki Komitmen dan Izin

- 25 Juni 2021, 09:46 WIB
Ilustrasi Kamar Hotel
Ilustrasi Kamar Hotel /pixabay.com


PRFMNEWS -
Beberapa hotel di Kota Bandung saat ini telah digunakan sebagai tempat isolasi mandiri pasien covid-19 tanpa gejala dan pasien bergejala ringan.

Bahkan kini, beberapa hotel telah membuat penawaran paket isoman dengan tarif tertentu sesuai dengan masa isoman yang dibutuhkan pasien tersebut.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Bandung, Yorisa Sativa mengatakan, hotel tersebut harus memiliki komitmen untuk fokus pada penenganan covid-19 dan tak boleh menggabungkan pasien covid-19 dengan pengunjung lain dan harus mendapat izin dari Dinkes.

Baca Juga: Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19, 26 Asrama Haji Sanggup Tampung 10.000 Orang

"Kalau yang direkomendasikan dinas kesehatan tentunya sama dengan kementerian kesehatan sesuai arahan dari pusat bahwa pihak yang mau membantu ini apakah yang punya tempat, yang punya hotel harus komitmen dari awal bahwa tidak boleh digunakan untuk kepentingan lain, jadi katakan kita gunakan tempat isolasi ini sebulan, 2 bulan, 3 bulan, tidak boleh bercampur apalagi menjual secara komersil kepada orang lain karena ini sangat membahayakan dan membahayakan kalau bercampur seperti itu," tegas Yori saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Kamis 24 Juni 2021.

Kata Yori, para pemilik hotel yang menyediakan tempat isolasi mandiri harus berkoordinasi dengan dinkes dan memiliki izin membuka layanan tempat isoman.

Baca Juga: 12 ASN KBB Dimintai Keterangan Atas Kasus Korupsi Covid-19 yang Menjerat Aa Umbara

Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 dan juga agar baik penyelenggarannya dan tidak menimbulkan dampak buruk.

"Harapannya adalah hotel-hotel yang mandiri harus ada laporan, harus ada pengajuan sebelum mengoperasikan untuk rumah isolasi mandiri karena dampaknya kebayang adalah infeksius, merugikan orang lain, dan juga bercampur dengan orang sehat, juga kita pikirkan limbahnya," jelasnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x