Epidemiolog: Tahun 2021 Akan Banyak Varian Baru Corona, Indonesia Bisa Lahirkan Salah Satunya

- 4 Maret 2021, 12:55 WIB
Ilustrasi varian baru virus Corona B117 dari Inggris
Ilustrasi varian baru virus Corona B117 dari Inggris /PIXABAY


PRFMNEWS - Dua orang TKI asal Karawang yang baru pulang dari Arab Saudi dinyatakan terinfeksi varian baru virus Corona B117. Ini adalah kasus pertama mutasi baru Corona dari Inggris itu masuk ke Indonesia.

Penemuan varian baru B117 itu diumumkan Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono pada Selasa 2 Maret 2021. Dua warga Karawang tersebut sekarang sudah sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah.

Namun pemerintah Indonesia harus lebih hati-hati, sebab Epidemiolog Griffith University Australia, Dicky Budiman menyebut pada tahun ini akan terjadi banyak penemuan varian baru dan berpotensi memperburuk pandemi Covid-19.

Baca Juga: 3 Fakta yang Perlu Anda Ketahui Soal Varian Baru Corona B117 yang Sudah Masuk Indonesia

Baca Juga: BREAKING NEWS : 2 Kasus Mutasi Baru Corona Ditemukan di Indonesia, Tepat di Satu Tahun Pandemi Covid-19

"Sebetulnya sudah saya ingatkan kepada pemerintah bahwa 2021 ini tahun di mana akan menemukan banyak varian baru dan berpotensi memperburuk situasi pandemi sebelum nanti jadi endemi," ujar Dicky saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Kamis 4 Maret 2021.

Menurutnya di dunia sudah ada puluhan ribu mutasi dari SARS-CoV-2 ini. Jika varian-varian baru virus ini masuk ke wilayah Indonesia maka bisa lebih cepat menular dan memperburuk upaya-upaya penanganan pandemi, termasuk mempengaruhi vaksinasi.

Oleh karena itu Dicky meminta pemerintah lebih serius dan memperkuat pintu masuk virus ke Indonesia, salah satunya pengetatan di pintu bandara.

Baca Juga: Jika Gagal Lolos Kartu Prakerja Gelombang 12, Bisa Daftar Lagi Gelombang 13? Ini Jawabannya

Baca Juga: Daftar Kartu Prakerja Gelombang 13 Dibuka Siang Ini, Segera Login di prakerja.go.id

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x