Satu Tahun Covid-19 di Indonesia, WHO Ingatkan Corona Berpotensi Jadi Endemik

- 2 Maret 2021, 15:11 WIB
Ilustrasi Covid-19. Berikut ini update data terbaru penularan virus corona di Indonesia per hari ini
Ilustrasi Covid-19. Berikut ini update data terbaru penularan virus corona di Indonesia per hari ini /Dok PRFM.


PRFMNEWS - Tepat hari ini, 2 Maret 2021 adalah satu tahun pandemi Covid-19 bertahan di Indonesia. Pada 2 Maret 2020, Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus pertama Corona di Indonesia yang menjangkiti 2 WNI di Depok, Jawa Barat.

Jokowi menyebut dari hasil penelusuran Tim dari Kementerian Kesehatan, dua orang tersebut terjangkit corona setelah kontak dengan warga negara Jepang.

Hingga kini Indonesia dan seluruh belahan dunia masih berupaya untuk terbebas dari ancaman SARS-CoV-2 alias Covid-19. Program vaksinasi pun sudah digelar di beberapa negara, termasuk Indonesia yang dimulai pada 13 Januari 2021 lalu.

Baca Juga: Hari Ini Tepat Satu Tahun Pandemi Covid-19 Menghantui Indonesia, Kasus Pertama Ditemukan di Depok

Baca Juga: Warga Temukan Banyak Casing HP Dibuang ke Selokan, Diduga Hasil Copet Alun-alun Bandung

Belum lama ini, tepatnya pada akhir Desember 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut kemungkinan Covid-19 akan menjadi endemik, bukan lagi pandemi.

Hal tersebut disampaikan Profesor David Heymann, Ketua Kelompok Penasihat Strategis dan Teknis Infeksi Berbahaya WHO. Heymann mengatakan, Covid-19 nampaknya "ditakdirkan" menjadi endemik, bahkan sejak vaksinasi dimulai di Amerika Serikat dan Inggris beberapa waktu lalu.

"Tampaknya takdir SARS-CoV-2 (Covid-19) menjadi endemik, seperti halnya empat virus corona manusia lainnya, dan akan terus bermutasi saat berkembang biak dalam sel manusia, terutama di area dengan penerimaan yang lebih intens," ucapnya dikutip dari The Guardian, pada 29 Desember 2020.

Baca Juga: Satu Tahun Pandemi Covid-19, Warga Miskin Kota Bandung Bertambah

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x