Angkasa Pura II Sediakan Fasilitas Pemindai Wajah dan QR Code di Bandara Guna Verifikasi Penumpang

- 31 Desember 2020, 20:30 WIB
Ilustrasi penerapan protokol kesehatan di Bandara Soekarno Hatta: Begini syarat WNI dan WNA bisa masuk Indonsia.
Ilustrasi penerapan protokol kesehatan di Bandara Soekarno Hatta: Begini syarat WNI dan WNA bisa masuk Indonsia. /Instagram,com/@soekarnohattaairport

PRFMNEWS - President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menyebut pihaknya tengah mempersiapkan fasilitas layanan dan keamanan canggih di bandara yang dikelolanya. 

Fasilitas layanan tersebut meliputi pemindai wajah (face recognition) dan QR Code. Hal itu ditujukan untuk membantu petugas untuk melakukan verifikasi pada calon penumpang.

PT Angkasa Pura II sendiri telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil) tentang Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik dalam Lingkup Layanan PT Angkasa Pura II (Persero), Rabu 30 Desember 2020.

Penandatanganan dilakukan secara online oleh President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh. 

Baca Juga: Malam Tahun Baru, Jalan Al Fathu Bandung Ditutup Sementara

“Nantinya, kami akan mengembangkan proses validasi menggunakan biometric facial recognition yang didukung oleh basis data dari sistem Ditjen Dukcapil, sehingga penumpang bisa melewati seluruh proses keberangkatan dan kedatangan di bandara hanya dengan otentifikasi wajah,” ujar Muhammad Awaluddin dalam siaran pers. 

Teknologi facial recognition ini diharapkan dapat membuat pelayanan di bandara PT Angkasa Pura II meningkat ke level berikutnya. Adapun sebelum penerapan layanan pemindaian wajah ini, pada tahap awal dukungan validasi data dari Ditjen Dukcapil dapat dimanfaatkan untuk penggunaan QR Code oleh calon penumpang pesawat. 

“Melalui dukungan proses validasi identitas berdasarkan data Ditjen Dukcapil, kami bisa menerapkan sistem di bandara untuk melakukan proses validasi identitas menggunakan QR Code guna mengurangi pemeriksaan identitas secara manual dan mendukungan layanan toucless di bandara,” jelasnya.

Baca Juga: Bantuan Upah Bagi Guru Madrasah Non PNS Diklaim Sudah Tersalurkan 100 Persen

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x