Kepala Desa Diajak Jadi Teladan di Lingkungannya, Masyarakat Diminta Tetap Produktif

- 2 Desember 2020, 07:56 WIB
Foto udara petani memanen padi bibit unggul tanpa bahan kimia di lahan Kantor Balai Penyuluhan Pertanian di Kecamatan Samaturu, Kolaka, Sulawesi Tenggara, Kamis (1/10/2020). Bibit padi unggul varietas inpari sidenuk tersebut merupakan hasil riset dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) bekerja sama dengan Komisi VII DPR yang bertujuan untuk memperoleh bibit unggul padi tanpa menggunakan bahan kimia dengan hasil ubinan mencapai 7 ton per hektare.
Foto udara petani memanen padi bibit unggul tanpa bahan kimia di lahan Kantor Balai Penyuluhan Pertanian di Kecamatan Samaturu, Kolaka, Sulawesi Tenggara, Kamis (1/10/2020). Bibit padi unggul varietas inpari sidenuk tersebut merupakan hasil riset dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) bekerja sama dengan Komisi VII DPR yang bertujuan untuk memperoleh bibit unggul padi tanpa menggunakan bahan kimia dengan hasil ubinan mencapai 7 ton per hektare. /Jojon/ANTARA FOTO

PRFMNEWS – Pemerintah meminta kepala desa dan jajarannya untuk menjadi teladan di lingkungannya dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak).

Sebab kebiasaan baik dapat dimulai dari lingkungan terkecil dan dengan demikian bisa kedisiplinan tersebut bisa menyebar ke masyarakat secara luas.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Sonny Harmadi menyatakan, 74 ribu lebih desa yang ada di Indonesia berperan sangat besar dalam memajukan dan membangun bangsa Indonesia.

Baca Juga: dr Reisa Ungkap Pentingnya Vaksinasi: Membuat Badan Kita Kenal, Lalu Menjadi Kebal

Baca Juga: Pengamat Ini Nilai Belum Ada Kekompakan Dalam Penanganan Covid-19 di Kota Bandung

“Desa telah ada sejak lama, dan jadi bagian penting dari NKRI. Ada 74.953 desa tersebar dari Sabang-Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote. Semuanya memiliki kearifan lokalnya, yang bisa membawa desa pada kemajuan menjadi ujung tombak pembangunan negeri untuk berperan setara membangun bangsa,” ungkapnya dalam siaran pers yang diterima PRFM, Rabu 2 Desember 2020.

Di samping itu, masyarakat di desa pun diminta untuk tetap produktif meski berada di tengah pandemi Covid-19. Hanya saja yang menjadi catatan yakni penerapan protokol kesehatan yang juga harus diperketat.

“Para kepala desa serta perangkat desa dan juga pendamping desa harus mampu menjadi teladan, menjadi contoh untuk patuh terhadap 3M bersama masyarakat desa. Harus tetap berproduktif desa harus tetap ekonominya jalan, tetapi harus dengan disiplin 3M,” tutur Sonny.

Baca Juga: Sesalkan Sikap Rizieq Shihab yang Tak Kooperatif, Satgas: Pemerintah Akan Ambil Langkah Tegas

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x