dr Reisa Ungkap Pentingnya Vaksinasi: Membuat Badan Kita Kenal, Lalu Menjadi Kebal

- 2 Desember 2020, 07:00 WIB
Petugas kesehatan mengecek suhu tubuh pengendara saat pelaksaan PSBB di Bandung Raya. Rabu (22/4/2020) /.*
Petugas kesehatan mengecek suhu tubuh pengendara saat pelaksaan PSBB di Bandung Raya. Rabu (22/4/2020) /.* /Rizky Perdana-PRFM

PRFMNEWS - Pemerintah secara serius hingga saat ini berupaya memberikan perlindungan kepada masyarakat dari dampak pandemi Covid-19. Salah satu upayanya adalah melakukan vaksinasi saat vaksin virus corona sudah siap.

Masyarakat tidak perlu khawatir dengan informasi liar yang menyebut efek samping vaksin membahayakan. Justru masyarakat Indonesia sudah sejak lama mengenal vaksin melalui istilah imunisasi seperti imunisasi cacar, tetanus, campak rubella, hingga polio.

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro menjelaskan, sejak usia dini tubuh kita sudah menerima vaksin melalui imunisasi. Dituturkannya, imunisasi adalah proses dalam tubuh agar seseorang memilki kekebalan terhadap suatu penyakit, caranya yaitu dengan vaksinasi.

Baca Juga: Hasil Liga Champions Tadi Malam: Liverpool Lolos 16 Besar, Real Madrid Terancam Masuk Liga Eropa

"Vaksinasi sendiri adalah proses pemberian vaksin dengan cara disuntikkan, maupun diteteskan ke dalam mulut," ujar dr Reisa dalam sebuah video yang diunggah akun Youtube BNPB Indonesia, Jumat 27 November 2020.

Vaksin akan menciptakan sistem kekebalan tubuh manusia secara khusus untuk bisa melawan penyakit tertentu. Hal ini karena tubuh kita memiliki sistem imun yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan virus atau bakteri, tapi sistem imun membutuhkan pengenalan terhadap jenis-jenis kuman yang bisa menyebabkan penyakit.

Sehingga apabila di kemudian hari virus atau bakteri itu masuk ke dalam tubuh, maka kita sudah siap melawan dan akhirnya dapat mencegah timbulnya penyakit tersebut, termasuk Covid-19 yang vaksinnya masih dalam proses pengujian.

Baca Juga: 2 Kecamatan dan 17 Kelurahan Raih Piagam Emas ODF Kota Bandung

"Vaksin berfungsi membuat badan kita kenal, lalu menjadi kebal terhadap penyakit," ucap dr Reisa.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x