Calon Jemaah Haji Asal Kota Bandung yang Batal Berangkat Diprioritaskan Terbang Tahun Depan

- 3 Juni 2020, 13:21 WIB
TERKAIT penyelenggaraan ibadah haji dan umrah yang tertunda akibat COVID-19, Kemenag beri 2 opsi.*
TERKAIT penyelenggaraan ibadah haji dan umrah yang tertunda akibat COVID-19, Kemenag beri 2 opsi.* /KEMENAG/

BANDUNG, (PRFM) – Kasi Haji Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung, Asep Sopandi mengatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi pada calon jemaah haji yang batal berangkat ke tanah suci tahun 2020/1441 H. Sedikitnya ada 2.427 calon jemaah haji asal kota Bandung yang belum bisa menunaikan ibadah haji tahun ini.

Asep menegaskan pihaknya pun telah berkoordinasi dengan kelompok bimbingan ibadah haji untuk terus melakukan sosialisasi pada masyarakat. Pasalnya, hampir 90% jemaah haji di Kota Bandung bergabung dengan kelompok haji.

“Di kota Bandung yang sudah melunasi itu berjumlah 2.427 orang. Kami terus terang persiapan administrasi dari aspek paspor, pelunasan, sudah kirimkan ke tingkat provinsi Jawa Barat,” tuturnya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Rabu (3/6/2020).

Baca Juga: Damkar Sebut Tidak Ada Korban Jiwa saat Kebakaran Pipa di PT Waitex

Nantinya para calon jemaah yang haji yang batal berangkat pada tahun ini maka akan diprioritaskan untuk berangkat pada tahun depan. Namun ia mengaku Kemenag Kota Bandung masih menunggu mekanisme pelaksanaan kebijakan tersebut.

“Pada prinsipnya bahwa jemaah haji yang melunasi ini bakal menjadi jamaah haji tahun 2021. Tinggal nanti bagaimana mekanisme selanjutnya kami akan menunggu ketentuan dari Kemenag pusat,” ungkapnya.

Menurut Asep, jemaah pun secara umum menerima keputusan Kementerian Agama yang meniadakan keberangkatan haji pada tahun ini. Ia menilai jemaah menganggap kebijakan ini sebagai kebijakan yang baik ditengah pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga: Bantuan Terus Berdatangan, Satwa di Kebun Binatang Bandung Sehat dan Tak Kelaparan

“Ada jemaah yang sudah berkomunikasi dengan kami. Pada prinsipnya para jemaah menerima kebijakan ini, karena ini kebijakan yang menurut hemat jemaah haji adalah kebijakan yang bijak,” kata Asep.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x