Januari Sampai Mei Terjadi 63 Kebakaran di Kota Bandung

- 14 Mei 2020, 07:00 WIB
Ilustrasi kebakaran.*
Ilustrasi kebakaran.* /PRFM

BANDUNG,(PRFM) - Sepanjang Januari hingga Mei 2020, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung mencatat ada 63 kejadian kebakaran di kota Bandung. Diantara kejadian kebakaran tersebut, sebanyak tujuh kejadian terjadi selama Ramadan 1441 H.

Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Rachmat Hidayat di Balai Kota Bandung, Rabu (13/5/2020).

Menurutnya, pada Januari tercatat 17 kejadian kebakaran. Selanjutnya di Februari 9 kejadian, Maret 20 kejadian, April 13 kejadian, dan Mei 4 kejadian.

"Tujuh kebakaran pada bulan Ramadan, semuanya terjadi di Kecamatan Babakan Ciparay yang merupakan kawasan padat penduduk," katanya.

Baca Juga: laboratorium Covid-19 Jabar Lakukan Pengetesan 2.999 Spesimen Per-Hari

Rachmat menuturkan, kebakaran prinsipnya terjadi akibat kelalaian manusia. Mulai dari permasalahan gas seperti bocor dan tabung regulator. Juga kabel yang kurang bagus atau tidak standar.

“Arus pendek karena kabel tak standar. Gas, yaitu tabung regulator yang mustinya digunakan sekian kali sesuai standar, tapi terus dipakai tidak terkendali sehingga menimbukan kebakaran,” jelasnya.

Baca Juga: Jika Ada Penumpukan Kendaraan di GT Cileunyi, Akses Darurat Gedebage Bakal Dibuka

Di Kota Bandung, lanjut Rachmat, ada tujuh wilayah yang pada tahun 2020 sampai bulan Mei tidak terjadi kebakaran. Wilayah tersebut adalah, Kecamatan Sukajadi, Cibeunying Kaler, Antapani, Cibiru, Bandung Kidul, Penyileukan, dan Kecamatan Gedebage.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Humas Kota Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x