5 Hal yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Osteoporosis

- 20 Oktober 2020, 18:31 WIB
Osteoporosis bisa dicegah dengan beberapa langkah hidup sehat
Osteoporosis bisa dicegah dengan beberapa langkah hidup sehat /PIXABAY

PRFMNEWS - Kesehatan tulang perlu dijaga, sebab jika tidak tulang akan mengalami penurunan kekuatan menjadi lemah dan rapuh. Hal itu dapat menimbulkan terjadinya penyakit Osteoporosis.

Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang timbul akibat dari menurunnya regenerasi pada tulang. Tulang yang mengalami Osteoporosis akan cepat mudah sakit dan nyeri.

Banyak faktor yang yang dapat menyebabkan terjadinya Osteoporosis seperti asupan makanan. Selain itu. gaya hidup kurang baik juga turut memicu terjadinya Osteoporosis.

Baca Juga: Kudapan Seru hingga Solusi Logistik di Merchant ShopeePay Minggu Ini!

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah Osteoporosis dikutip dari The Indian Express.

1. Meningkatkan asupan kalsium dan protein

Kalsium dan protein berperan penting pada kesehatan tulang, sehingga perlu untuk meningkatkan konsumsi terhadap asupan dari kalsium dan protein. Kalsium bisa didapatkan dari susu ataupun produk olahan susu. Sedangkan protein ada pada biji-bijian dan keledai.

2. Selalu bergerak setiap hari

Menggerakkan tubuh akan dapat mengurangi risiko terkena penyakit Osteoporosis. Berbagai macam cara yang dapat dilakukan agar tubuh dapat melakukan gerak adalah seperti berolahraga setiap hari.

Selain berolahraga, cara agar tubuh menjadi bergerak adalah dengan melakukan aktivitas fisik seperti jalan kaki ketika mengunjungi tetangga dan lainnya.

Baca Juga: Menang Telak! Timnas Indonesia U-19 Kalahkan Hajduk Split 4-0

3. Jaga postur tubuh

Ketika mengerjakan tugas pada laptop pastikan postur tubuh tetap tegak dan lurus. Ketika telah 1 jam berlama-lama di depan laptop, perlu untuk menggerakkan badan sambil berdiri selama 2 menit. Begitupun ketika duduk dan jalan pastikan tulang tidak membungkuk.

4. Jangan abai terhadap rasa sakit pada tulang

Ketika mengalami rasa sakit dan nyeri pada tulang, jangan sekali-kali untuk mengabaikannya. Sebab, bisa jadi hal tersebut adalah gejala dari Osteoporosis. Oleh sebab itu perlu untuk berkonsultasi kepada dokter.

5. Berjemur selama15 menit setiap hari

Setidaknya dalam sehari dapat meluangkan waktu untuk berjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D.

Tidak perlu lama, cukup 15 menit saja. Berjemur dapat dilakukan dimana saja seperti lantai teras atau tempat lainnya yang dapat terkena sinar matahari.*** (Dwi Nurul/JOB)

Editor: Rian Firmansyah

Sumber: The Indian Express


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x