Kamu Suka Makan Telur Setengah Matang? Ini Manfaat dan Bahayanya yang Perlu Diwaspadai

- 5 September 2023, 15:00 WIB
Telur setengah matang.
Telur setengah matang. /Pexels.com/

PRFMNEWS - Telur merupakan sumber protein tinggi yang mudah dinikmati setiap hari dengan berbagai varian sajian. Dalam sebutir telur mentah terkandung vitamin A, vitamin B5, B2, B6 dan B12, vitamin K, vitamin D, vitamin E, folat, selenium, fosfor, potassium, zinc, omega-3, serta kalsium yang baik bagi tubuh.

Telur bahkan digadang-gadang sebagai sumber vitamin dan protein yang sangat lengkap walaupun tidak mengandung vitamin C.

Bisa dibilang, telur merupakan bahan makanan yang paling mudah diolah dan cocok bersanding dengan kuliner lain. Salah satu bentuk favorit olahan telur yakni telur mata sapi dengan bagian kuning yang masih meluber alias setengah matang.

Baca Juga: Bingung Mau Bikin Menu Apa? Cobain Resep Olahan Telur Satu Ini, Enak Gurih dan Bumbu Meresap

Meski enak, apalagi disajikan bersama mi, sayangnya ada bahaya makan telur setengah matang yang perlu kamu waspadai. Efek yang ditimbulkan bisa memengaruhi kesehatan dan membuat nutrisi tidak terserap dengan sempurna.

Jadi apakah sehat dan aman mengkonsumsi telur setengah matang? Buat yang ingin tau manfaat sekaligus bahaya dari konsumsi telur setengah matang, yuk simak artikel penjelasan berikut ini.

Manfaat Telur Setengah Matang

Proses pemasakan telur yang memakan waktu lama cenderung membuat telur kehilangan sebagian kandungan nutrisi yang ada.

Maka, selain karena rasanya yang enak, tak heran jika sebagian orang memilih untuk memasak telur setengah matang. Lalu, apalagi manfaat makan telur setengah matang?

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x