Resep Oseng Jengkol Teri Pedas yang Enak, dan Nikmatnya Bisa Bikin Kalap

- 27 Agustus 2023, 06:00 WIB
Resep oseng jengkol teri, dibuat dari bahan murah jadi sajian istimewa
Resep oseng jengkol teri, dibuat dari bahan murah jadi sajian istimewa /YouTube Rayyan Al Ghazali

PRFMNEWS - Jengkol adalah tumbuhan khas wilayah Asia Tenggara yang bijinya dapat dijadikan olahan makanan lezat yang tersedia di hampir seluruh negara di Asia Tenggara.

Dibalik cita rasa jengkol yang sering disebut mirip seperti daging, rupanya jengkol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Buah jengkol memiliki senyawa kimia fenol yang bermanfaat menangkal radikal bebas dalam tubuh, menjadikan tubuh lebih sehat serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Terapkan Waste to Energy, Ridwan Kamil Klaim TPPAS Legok Nangka Bakal Jadi Tercanggih se-Indonesia

Jengkol juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B2. Sebuah studi di Journal of the Science of Food and Agriculture mengungkap bahwa jengkol dapat mengurangi kadar glukosa dalam darah sehingga dapat mencegah risiko hingga menyembuhkan diabetes.

Meski terkenal dengan aromanya yang khas, semur jengkol memang lezat dijadikan lauk. Menu yang satu ini bisa dikonsumsi sebagai lauk sehari-hari atau disajikan bersama dengan nasi uduk, bihun goreng, orek tempe dan sambal kacang.

Buat kamu pecinta jengkol, rupanya ada satu tantangan tersendiri nih saat mengonsumsinya, yakni bau jengkol yang cukup menyengat.

Baca Juga: Dukung Piala Dunia U-17,Pembangunan Exit Tol KM 151 Padaleunyi Dipercepat untuk Akses ke GBLA

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x