Niat, Waktu, Tata Cara Sholat Id Lebaran Idul Fitri Berjamaah Atau Sendiri di Rumah

- 21 April 2023, 19:20 WIB
Ilustrasi Sholat Id
Ilustrasi Sholat Id /Pikiran Rakyat/Ririn Nur Febriani

PRFMNEWS – Hukum Sholat Id pada Lebaran Idul Fitri adalah sunnah muakkad (sangat dianjurkan). Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1444 H sesuai keputusan Pemerintah jatuh pada Sabtu 22 April 2023.

Bacaan niat dan tata cara melakukan Sholat Ied Lebaran Idul Fitri secara berjamaah dan munfarid (sendiri) di rumah penting diingat kembali sebelum melaksanakan sholat tersebut esok hari.

Secara umum, syarat dan rukun Sholat Id tidak berbeda dari sholat fardhu lima waktu, termasuk soal hal-hal yang membatalkan. Tapi, ada beberapa aktivitas teknis yang agak berbeda dari shalat pada umumnya. Aktivitas teknis tersebut berstatus sunnah.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Diusung PDIP Sebagai Calon Presiden

Waktu Sholat Idul Fitri dimulai sejak matahari terbit hingga masuk waktu Dzuhur. Berbeda dari Sholat Idul Adha yang dianjurkan mengawalkan waktu demi memberi kesempatan luas bagi masyarakat yang hendak berkurban selepas Shalat Id, Sholat Idul Fitri disunnahkan memperlambatnya. Hal ini untuk memberi kesempatan mereka yang belum berzakat fitrah.

Jumlah rakaat Sholat Id yakni dua rakaat secara berjamaah dan terdapat khutbah setelahnya. Namun, bila terlambat datang atau mengalami halangan lain, boleh dilakukan sendiri di rumah ketimbang tidak sama sekali.

Berikut tata cara Sholat Idul Fitri secara berjamaah maupun munfarid:

Baca Juga: Daftar 30 Lokasi Sholat Id di Kota Bandung Sabtu 22 April 2023, Lengkap Nama Imam dan Khotib

1. Didahului niat berbunyi: “Ushallî sunnatan lil ‘îdil fitri rok'ataini mustaqbilal qiblati (ditambah “imâman” kalau menjadi imam, atau “ma'mûman” kalau menjadi makmum) lillahi ta’ala.”

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah