8 Amalan Sunnah Sebelum dan Sesudah Sholat Idul Fitri, Penambah Pahala yang Dianjurkan Rasulullah

- 21 April 2023, 06:00 WIB
Ilustrasi idul fitri.
Ilustrasi idul fitri. /Pexels/Chattrapal (Shitij) Singh

PRFMNEWS – Amalan sunnah sebelum dan sesudah Sholat Idul Fitri atau Sholat Ied seperti dianjurkan Nabi Muhammad SAW alangkah baiknya dilaksanakan guna menambah pahala.

Amalan sunnah sebelum dan sesudah Sholat Id ini dilaksanakan umat Islam pada 1 Syawal atau bertepatan dengan Lebaran Idul Fitri.

Adapun pelaksanaan Sholat Ied 2023 sesuai hasil sidang isbat atau penetapan 1 Syawal 1444 H yang diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag) pada Kamis 20 April.

Sedangkan PP Muhammadiyah telah mengumumkan pelaksanaan Lebaran Idul Fitri pada 1 Syawal 1444 H jatuh pada Jumat, 21 April 2023.

Baca Juga: Pelaku Penganiayaan Pemotor di Cimahi Sudah Ditangkap!

Pada 1 Syawal 1444 H, umat Islam dilarang berpuasa dan disunnahkan melaksanakan Sholat Ied. Pria maupun wanita Muslim sangat dianjurkan melaksanakan Sholat Ied saat Lebaran Idul Fitri.

Hukum melaksanakan Sholat Id adalah sunnah muakkadah (sangat disunnahkan). Rasulullah saw selalu melaksanakan sholat ini sampai beliau wafat.

Selain menyambut suka cita Hari Raya Idul Fitri 2023, alangkah baiknya kita menambah pahala dengan menjalankan amalan-amalan sunnah yang dianjurkan Rasulullah saw sebelum dan sesudah Sholat Id berikut ini:

Baca Juga: Said Iqbal Usulkan Pembayaran THR Maksimal H-30 Lebaran, Agar Tidak Modus Pecat Karyawan

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah