Orang Tua yang Miliki Mata Minus Beresiko Menurunkannya Kepada Anak, Berikut Faktor dan Gejalanya

- 17 Oktober 2022, 12:00 WIB
Ilustrasi mata minus.
Ilustrasi mata minus. /Pexels/Arina Krasnikova

PRFMNEWS – Banyak orang tua yang mengkhawatirkan terkait kondisi kesehatan mata anaknya. Terutama di tengah penggunaan gadget bahkan sebagai alat pembelajaran.

Myopia merupakan masalah kesehatan mata, di mana penglihatan akan buram saat melihat yang jauh atau yang sering disebut mata minus. Sehingga memerlukan bantuan kacamata sesuai dengan kondisinya, agar bisa melihat dengan jelas.

Apabila mata minus terjadi pada anak, maka pertumbuhan Myopia akan lebih cepat karena saat itu mata sedang tumbuh cepat.

Oleh karenanya, orang tua harus lebih waspada dan memperhatikan kesehatan mata anak. Agar saat terjadi bisa segera ditangani dan kondisi kesehatan mata tidak semakin memburuk.

Baca Juga: Apakah Wortel Membantu Atasi Mata Minus atau Blur? Begini Penjelasan dr. Tirta

Dijelaskan P2PTM Kemenkes RI pada akun Instagram resminya, faktor utama yang menyebabkan anak mengalami mata minus diantaranya:

1. Keturunan

Apabila kedua orang tua mengalami mata minus, maka anak 6 kali berisiko menderita mata minus. Sedangkan, bila salah satu orang tua memiliki mata minus, maka anak 3 kali berisiko menderita mata minus.

Baca Juga: Mata Minus Akibat Main HP, Cegah dan Konsumsi Rutin Resep Mujarab Ini Kata dr Zaidul Akbar

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x