Hati-Hati Jangan Minum Air Kelapa Muda Berlebihan, Begini Efeknya Kata dr. Cahyo Purnomo

- 23 September 2022, 11:00 WIB
Ilustrasi air kelapa.
Ilustrasi air kelapa. /Pixabay

PRFMNEWS - Dokter Cahyo Purnomo menjelaskan tentang efek yang ditimbulkan jika minum air kelapa muda atau air kelapa secara berlebihan.

Seperti diketahui bahwa air kelapa muda sangat menyegarkan ketika diminum dan juga mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan.

Tetapi meskipun air kelapa muda mempunyai manfaat yang baik kesehatan, tidak serta merta kalian bisa mengkonsumsinya secara berlebihan.

Disebutkan dr. Cahyo bahwa mengkonsumsi air kelapa atau air kelapa muda dengan jumlah yang berlebihan dalam satu hari, ini juga dapat mendatangkan bahaya.

Baca Juga: Apakah Penderita Diabetes Tidak Boleh Minum Air Kelapa Muda? Berikut Penjelasan dr. Cahyo

Harus dipahami terlebih dahulu bahwa air kelapa muda ternyata tinggi akan kandungan kalium. Di mana pada 100 CC air kelapa muda terdapat kandungan kalium sekitar 250 miligram.

“Jadi pada ukuran 250 CC atau satu gelas ukuran kecil, ini terdapat kandungan kalium sekitar 625 miligram, sedangkan batas asupan kalium harian yang bisa ditolerir oleh tubuh sekitar 4.700 miligram, lebih dari 4.700 ini berpotensi untuk terjadinya hiperkalemi,” kata dr. Cahyo seperti dikutip prfmnews.id melalui kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES.

Hiperkalemi diketahui sangat berbahaya bagi tubuh kita, di mana bisa menyebabkan gangguan pada irama jantung.

Jika kondisi tersebut terus berlanjut dan tidak segera mendapat pertolongan, maka dapat mengancam nyawa.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah