Benarkah Obat Herbal Diabetes Bisa Merusak Ginjal? Berikut penjelasan Dokter Cahyo

- 2 September 2022, 21:00 WIB
Benarkah obat herbal diabetes bisa merusak ginjal? Berikut penjelasan Dokter Cahyo Purnomo.
Benarkah obat herbal diabetes bisa merusak ginjal? Berikut penjelasan Dokter Cahyo Purnomo. /Pexels.com/ Tara Winstead

PRFMNEWS - Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui terlebih dahulu, yang pertama yaitu apakah obat herbal tersebut dicampur bahan kimia atau tidak.

Menurut dokter Cahyo Purnomo, obat herbal yang telah dicampur dengan bahan kimia obat, ini tentunya akan menyebabkan obat herbal tersebut menjadi tidak aman bagi tubuh penderita diabetes, termasuk ginjal.

Hal tersebut karena bahan kimia obat tersebut dicampurkan dengan takaran yang mungkin tidak tepat, kemudian juga nanti akhirnya menyebabkan dosis dari obat kimia tersebut diminum juga tidak tepat, bisa berlebihan nah ini tentunya akan meningkatkan resiko penderita diabetes mengalami kerusakan ginjal atau mengalami efek samping yang lainnya.

Baca Juga: Rundown Dieng Culture Festival 2-4 September 2022, Konser Jazz, Potong Rambut Gimbal hingga Lampion Terbang

Untuk mengetahui apakah obat herbal tersebut menggunakan bahan kimia obat atau tidak, ini cara paling mudah nya yaitu anda bisa lihat apakah obat herbal tersebut mendapatkan sertifikasi edar dari badan pengawas obat dan makanan.

Misalnya sudah ada sertifikat aman dari badan pengawas obat dan makanan atau BPOM ini kemungkinan besar maka obat herbal ini benar-benar murni herbal yang murni dibuat dari bahan alami tidak dicampur dengan bahan kimia obat.

Kedua kita juga harus tahu apakah obat herbal diabetes ini bisa atau tidak menurunkan kadar gula darah dari penderita diabetes sama efektifnya dengan obat diabetes yang diberikan oleh dokter.

Baca Juga: Soal BSU 2022, Menaker Harap Bisa Disalurkan September ini

Caranya bagaimana kita bisa tahu apakah obat herbal diabetes ini bisa menurunkan kadar gula darah atau tidak, mungkin anda bisa mencoba yaitu minum obat herbal ini selama 3 bulan kemudian setelah itu coba anda cek kadar hba1c.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: YouTube dr. Cahyo EDUKES


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah