Awas! 9 Penyakit Ini Muncul Jika Kamu Duduk Terlalu Lama dan Bisa Bikin Pendek Umur

- 23 Agustus 2022, 13:15 WIB
Ilustrasi duduk. Ada 9 ancaman berbahaya jika terlalu lama duduk.
Ilustrasi duduk. Ada 9 ancaman berbahaya jika terlalu lama duduk. /Freepik/diana.grytsku

PRFMNEWS - Pernahkah kamu mendengar, ungkapan "sitting is the new smoking".

Yap, betul! menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. Semakin sedikit Anda duduk atau berbaring di siang hari, semakin baik peluang Anda untuk hidup sehat.

Meski kedengarannya berlebihan bila menyamakan kedua kebiasaan ini, banyak studi menunjukkan, duduk terlalu lama bisa membahayakan kesehatan, bahkan sekalipun jika Anda secara rutin berolahraga.

Jika kamu berdiri atau bergerak di siang hari, kamu memiliki risiko kematian dini yang lebih rendah daripada jika Anda duduk di meja.

Baca Juga: Luar Biasa! Umbi ini dapat Bantu Turunkan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Hingga Cegah Penyakit Kanker

Jika Anda menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak, Anda memiliki peluang lebih tinggi untuk kelebihan berat badan, mengembangkan diabetes tipe 2 atau penyakit jantung , dan mengalami depresi dan kecemasan .

Perilaku atau kebiasaan duduk terlalu lama dapat dikatakan dengan sedentary lifestyle. Sedentary lifestyle adalah kondisi di mana seseorang kebanyakan duduk dan malas bergerak. Kebiasaan ini dapat menyebabkan berbagai risiko penyakit di kemudian hari. Apa saja risiko atau bahaya penyakit duduk terlalu lama?

Dikutip dari betterhealth, berikut adalah ancaman jika terlalu lama duduk:

1. Jantung

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Betterhealth


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x