Jangan Gengsi untuk Kentut! Ini 5 Bahaya Jika Kamu Menahan Kentut Terlalu Lama

- 22 Agustus 2022, 11:30 WIB
Ilustrasi kentut.
Ilustrasi kentut. /pixabay/happyveganfit

PRFMNEWS - Hayo siapa yang suka stres ketika sedang kumpul bareng tiba-tiba ingin kentut? Pilihan yang paling mungkin bakal dilakukan saat menghadapi situasi tersebut biasanya menahan kentut selama mungkin. Tapi sebaiknya kamu jangan gengsi untuk kentut karena dengan kamu menahan kentut bisa bikin penyakit!

Kentut, mungkin bagi sebagian orang harus disembunyikan. Mereka berusaha agar kentutnya nggak terlalu keras atau kalau bisa nggak usah keluar. Stereotipe yang mengakar di masyarakat bahwa kentut di depan umum itu nggak sopan.

Kentut disebabkan oleh udara dan gas tubuh yang terperangkap. Meskipun normal, terkadang kentut dapat mengeluarkan bunyi yang keras dan bau menyengat. Itulah kenapa, tidak sedikit orang yang menahan kentut ketika mereka sedang bersama orang lain.

Baca Juga: Awas Jarang Mandi Bisa Sebabkan 5 Masalah Kesehatan ini Kata dr. Clarin Hayes

Sebenarnya, menahan kentut memiliki efek negatif yang dapat mengganggu kesehatan. Sebab, akan terjadi penumpukan gas pada usus yang bisa memicu distensi perut, dengan sebagian gas diserap kembali ke dalam sirkulasi dan dihembuskan dalam napas.

Hat tersebut dikatakan oleh Gill Hart, direktur ilmiah YorkTest Laboratories, yang prmnews.id kutip dari healthline.com.

Kerap dianggap sepele, ternyata kebiasaan menahan kentut tidak baik bagi kesehatan tubuh. Ada beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi jika kamu menahan kentut.

Berikut dampak buruk menahan kentut yang telah prmnews.id rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Penderita Diabetes, dr. Cahyo Sarankan Lakukan Hal Ini

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x