Niat dan Doa Buka Puasa Senin Kamis Disertai Doa Berbuka dan Keutamaan Menjalankannya

- 22 Agustus 2022, 09:15 WIB
Doa puasa Senin - Kamis.
Doa puasa Senin - Kamis. /Mohammed_Hasan/Pixabay

PRFMNEWS - Niat puasa Senin-Kamis ini disertai doa berbuka dan keutamaan menjalankannya.

Puasa merupakan suatu amalan yang utama selain dari shalat wajib. Puasa juga salah satu dari lima rukun Islam.

Puasa wajib adalah puasa di bulan Ramadhan, tetapi ada puasa-puasa sunnah yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Di antaranya puasa Senin dan Kamis.

"Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Muslim).

Baca Juga: Turunkan Gula Darah Cepat Tanpa Obat Kimia, Minum Rempah Ini Kata dr Zaidul Akbar

Sedangkan pahala puasa adalah hanya Allah yang akan membalasnya, sebagaimana Rasulullah SAW pernah bersabda :

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

Artinya:

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta'ala berfirman (yang artinya), Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku."

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x