Berikut Ini Adalah Ciri, Bahaya, Risiko dan Juga Cara Atasi Diabetes Pada Ibu Hamil Menurut dr. Ardiansjah

- 3 Agustus 2022, 13:45 WIB
Ilustrasi Ciri, Bahaya, Risiko dan Juga Cara Atasi Diabetes ibu hamil, Gunakan cara dr. Ardiansjah.
Ilustrasi Ciri, Bahaya, Risiko dan Juga Cara Atasi Diabetes ibu hamil, Gunakan cara dr. Ardiansjah. /Marncom/Pixabay

PRFMNEWS - Diabetes mellitus memang bisa diderita oleh siapa saja, termasuk oleh ibu hamil.

Diabetes pada ibu hamil sendiri menurut dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin dibagi menjadi dua bagian, yaitu diabetes sebelum kehamilan (diabetes mellitus pregestasional) dan juga diabetes setelah kehamilan (diabetes mellitus gestasional).

Pada kasus dilapangan lebih sering ditemui kondisi ibu hamil dengan diabetes setelah kehamilan. Oleh sebab itu ibu hamil wajib mengetahui ciri dari diabetes gestasional ini.

“Diabetes yang dialami oleh bumil sebelum hamil itu kejadiannya kurang lebih 90 persen, dan 90 persennya adalah diabetes mellitus gestasional, atau ibu hamil yang menderita diabetes karena kehamilannya,” jelas dr. Ardiansjah, seperti yang dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube spogaman pada Rabu 3 Agustus 2022.

Baca Juga: Petani Kabupaten Bandung Berhasil Ekspor 50 Ton Porang ke Cina

Berikut ini adalah ciri, bahaya, risiko, dan cara atasi dari diabetes gestasional atau diabetes yang terjadi setelah kehamilan menurut dr. Ardiansjah.

Menurut dr. Ardiansjah, ciri-ciri diabetes setelah kehamilan pada ibu hamil pada umumnya sama dengan penderita diabetes yang tidak sedang hamil.

Ciri-cirinya yaitu lebih banyak makan, lebih banyak minum, sering buang air kecil, dan ciri yang lebih jelas adalah ketika trimester 2 atau 3 saat melakukan usg berat badan bayi lebih besar dari umumnya.

“Tapi da juga ibu hamil yang menderita diabetes tanpa gejala,” ungkap dr. Ardiansjah.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x