Rekomendasi Makanan untuk Bantu Pemulihan Masa Nifas, Kata dr Saddam Ismail

Tayang: 28 Juli 2022, 13:30 WIB
Editor: Rifki Abdul Fahmi
7 Rekomendasi Makanan dan Minuman saat Masa Nifas
7 Rekomendasi Makanan dan Minuman saat Masa Nifas /Tangkapan layar YouTube.com/Saddam Ismail

PRFMNEWS – Masa nifas terjadi karena pembuangan sisa-sisa jaringan dari kehamilan. Sehingga nifas bisa terjadi pada yang mengalami keguguran ataupun baru melahirkan.

Umumnya nifas terjadi antara 40 hari sampai 60 hari, namun bisa berbeda pada setiap orangnya. Bagi perempuan yang sedang dalam masa nifas, perlu memperhatikan asupannya untuk memulihkan energinya.

Dijelaskan dr Saddam Ismail, ada 7 makanan yang direkomendasikan dikonsumsi oleh perempuan yang sedang nifas, di antaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Air Kelapa Bisa Menghancurkan Batu Ginjal, Benarkah? Begini Jawaban Dokter Cahyo

1. Susu
Susu mengandung vitamin B, vitamin D, kalsium dan kandungan lainnya. Namun disarankan untuk mengkonsumsi susu rendah lemak dan tidak perlu menambahkan gula ataupun penambah manis lainnya.

2. Air putih
Saat masa nifas asupan cairan harus memenuhi kebutuhan untuk mempercepat proses pemulihan. Apabila bagi perempuan yang melahirkan dan harus menyusui lebih beresiko untuk dehidrasi. Direkomendasikan untuk minum air putih 2 liter setiap hari.

3. Buah kaya vitamin C
Vitamin C sangat dibutuhkan ketika masa nifas dan juga untuk menjaga daya tahan tubuh. Disarankan mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C yang misalnya jeruk, mangga, nanas, selai strawberry ataupun buah kaya vitamin C lainnya.

Baca Juga: Kopda Muslimin Dikabarkan Meninggal Dunia di Rumah Orang Tuanya di Kendal

4. Asam lemak omega-3
Saat masa nifas direkomendasikan untuk mengkonsumsi asam lemak omega-3, misalnya dari ikan-ikanan, almond ataupun ikan yang mengandung asam lemak omega 3.

Halaman:

Sumber: YouTube Saddam Ismail


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub