Apa Saja yang Menjadi Penyebab Diabetes Tipe 2? Simak Penjelasannya  

- 27 Maret 2022, 17:40 WIB
Ilustrasi diabetes.
Ilustrasi diabetes. /Pexels/Nataliya Vaitkevich

 

PRFMNEWS – Apakah yang menjadi penyebab diabetes tipe 2? Simak artikel berikut ini sampai selesai.

Dikutip dari laman Mayo Clinic, diabetes tipe 2 adalah gangguan dalam cara tubuh mengatur dan menggunakan gula (glukosa) sebagai bahan bakar. Kondisi jangka panjang (kronis) ini menyebabkan terlalu banyak gula yang beredar di aliran darah.

Akhirnya, kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan gangguan pada sistem peredaran darah, saraf, dan kekebalan tubuh.

Baca Juga: Bolehkah Konsumsi Propolis Setiap Hari? dr. Zaidul Akbar Berikan Saran Begini

Sebagaimana dilansir dari laman National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease (NIDDK), berikut beberapa penyebab diabetes tipe 2.

- Pertama yaitu jika Anda memiliki kelebihan berat badan, obesitas, dan kurang aktivitas fisik, maka Anda lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes tipe 2

- Resistensi Insulin, diabetes tipe 2 biasanya dimulai dengan resistensi insulin, suatu kondisi dimana sel-sel otot, hati, dan lemak tidak menggunakan insulin dengan baik, yang berakibat tubuh membutuhkan lebih banyak insulin untuk membantu glukosa masuk ke dalam sel. Pankreas membuat lebih banyak insulin, tetapi seiring waktu, pankreas tidak dapat membuat cukup insulin, dan kadar glukosa darah menjadi meningkat.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Varises Secara Alami? Simak Penjelasan dr. Zaidul Akbar Berikut Ini

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah